Perbedaan Torsi Dan Power Pada Mobil

Perbedaan torsi dan power pada mobil - Didalam penyajian data dan informasi pada sebuah spesifikasi produk kendaraan motor dan mobil, khususnya produk mobil pada brosur maupun media informasi otomotif lainnya, biasanya seringkali menyebutkan istilah-istilah seperti power (tenaga) dan torsi. Apa sih yang dimaksud dengan power dan torsi tersebut, kemudian apa perbedaanya.

Mungkin bagi Anda yang berlatar belakang pendidikan teknik mesin, pasti sudah tahu arti dari power dan torsi pada mobil dan apa bedanya torsi dan power pada saat mendapatkan proses pembelajaran. Namun bagi mereka yang berbeda jurusan Pendidikan, pastinya jika baru pertama kali mendengar istilah tersebut akan menjadi bingung.

Oleh karena itu, pada uraian yang akan dibahas dibawah yakni akan berfokus pada pengertian torsi dan power (tenaga) dan apa perbedaan dari kedua istilah tersebut, supaya bagi Anda yang belum mengetahui makna dari kedua istilah tersebut menjadi mudah faham dan mengerti. Apa sih maksud dari kedua istilah kata tersebut, berikut penjelasannya.

Perbedaan-Power-Dan-Torsi
Perbedaan Power Dan Torsi

Pengertian torsi

Torsi adalah suatu momen gaya rotasi, atau dengan kata lain yang lebih sederhana yakni sebagai suatu gaya putar yang dihasilkan oleh mesin yang biasanya untuk akselerasi. Torsi sangat identik sekali dengan akselerasi, hal tersebut karena torsi merupakan hasil dari gaya putar energi yang dikeluarkan mesin yang mulai dari kendaraan diam hingga menjadi bergerak. Adapun torsi dirumuskan dalam satuan Newton Meter (Nm/Kgm).

Pengertian power

Power adalah suatu energi yang dikeluarkan oleh mesin untuk mencapai kecepatan tertinggi dari mesin itu sendiri (top speed), sehingga power sangat identik sekali dengan tenaga putaran mesin yang biasanya berkaitan dengan kecepatan. Adapun power dirumuskan dalam satuan horsepower (HP) atau daya kuda dan bisa juga dengan PS yang dari Bahasa jerman yakni “Pferdestärke”.

Perbedaan antara power dan torsi

Dari kedua makna istilah torsi dan power seperti yang telah dijelaskan diatas, maka dapat disimpulkan bahwa torsi lebih condong kearah akselerasi pada kendaraan dari belum bergerak menjadi bergerak, sedangkan power lebih condong kearah kecepatan dari tenaga mesin kendaraan itu setelah bergerak untuk mencapai kecepatan tertinggi dan maksimumnya.

Apabila power dan torsi dicontohkan pada aktifitas manusia maka seperti ini, sederhananya anggap seseorang mendorong sebuah meja, dorongan awal yang membuat meja itu bergerak itulah torsi, kemudian langkah si pendorong dipercepat sehingga meja juga bergerak lebih cepat, maka itulah power.

Contoh lainnya dalam bidang olahraga yang dapat lebih memudahkan Anda dalam mengetahui perbedaan torsi dan power adalah torsi seperti atlet angkat besi yang harus memiliki kekuatan besar untuk mengangkat beban yang berat, sedangkan power seperti atlet lari yang harus memiliki langkah yang cepat juga untuk mencapai kecepatan tertinggi.


Mana yang lebih baik antara torsi dan power

Jika yang Anda tanyakan adalah terkait pemilihan yang mana lebih bagus antara power dan torsi, maka hal tersebut tergantung dari seperti apa kebutuhan berkendara Anda. Jika yang Anda inginkan adalah jenis kendaraan komersial yang lebih banyak digunakan untuk memuat barang, misalnya adalah truck atau pickup, maka yang dibutuhkan adalah torsi yang besar.

Sedangkan jika yang Anda inginkan adalah jenis kendaraan pribadi untuk mendapatkan kecepatan yang maksimal misalnya seperti mobil sport, maka yang dibutuhkan adalah horsepower (HP) yang besar karena yang didahulukan adalah bagaimana agar kecepatan tertinggi dapat diraih. Itulah pengertian torsi dan power serta apa saja perbedaannya dan mana yang lebih baik antara torsi dan power mobil.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel