Penyebab Baterai Laptop Plugged In, Not Charging Dan Cara Mengatasinya

Penyebab baterai laptop Plugged In, Not Charging dan cara mengatasinya - Menggunakan sebuah perangkat laptop, netbook dan notebook saat ini sudah dapat dikatakan sebagai suatu kebutuhan sekunder untuk menunjang berbagai aktifitas dan kegiatan sehari-hari, terutama bagi mereka yang bekerja kantoran.

Hal itu karena peran dari perangkat tersebut sangat mudah sekali untuk dibawa kemana saja tanpa harus banyak menggunakan tempat. Apalagi perkembangan teknologi seperti yang telah terjadi saat ini, perusahaan-perusahaan yang memproduksi perangkat laptop telah banyak menciptakan jenis laptop, netbook maupun notebook dalam bentuk dimensi yang tipis, ringan dan bahkan kecil.

Dengan berbagai kemudahan yang diberikan, tidak menutup kemungkinan juga terdapat berbagai masalah-masalah yang sering timbul dalam penggunaan laptop, misalnya adalah seperti system yang eror, hardware yang bermasalah dan yang paling banyak sering terjadi adalah terdapat pada bagian baterai laptop yang mana tidak mau bertambah atau penuh saat dicharge.

Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini akan kami ulas apa yang menjadi penyebab baterai laptop yang tercharge namun tidak mau terisi bahkan tidak mau penuh dan biasanya hanya menunjukkan 70%, 89%, 95%, 99% Available (Plugged In, Not Charging) seperti penjelasan berikut dibawah ini.

Penyebab Baterai Laptop Plugged In, Not Charging Dan Cara Mengatasinya

Penyebab baterai laptop 77% Available Plugged In, Not Charging

Permasalahan seperti ini biasanya baterai yang ada pada laptop, netbook atau notebook yang Anda miliki sedang mengalami penurunan performa dengan gejala kerusakan ringan, namun masih bisa digunakan. Hanya saja untuk penggunaan laptop dalam keadaan tidak tercharge tidak bisa lama, biasanya hanya bisa bertahan antara 15-20 menit saja.

Jika laptop yang Anda miliki sudah memberikan pesan informasi seperti itu pada saat dicharge, maka hal tersebut sudah menjadi indikasi dari system bahwa baterai laptop Anda kemungkinan dalam waktu dekat akan mengalami kerusakan dan tidak dapat digunakan kembali. Biasanya ikon baterai pada taskbar bertanda silang merah yang artinya bahwa baterai yang terpasang pada laptop sudah tidak dapat terbaca oleh sistem.

Apabila itu sudah terjadi pada baterai laptop Anda, maka sudah dipastikan peran baterai tersebut sudah tidak berguna lagi dan pada saat listrik tiba-tiba padam, maka laptop Anda juga akan ikut padam. Jika dalam waktu lama sering terjadi hal seperti itu, maka besar kemungkinan kerusakan akan terjadi pada komponen laptop lainnya.

Cara mengatasi baterai laptop 77% Available Plugged In, Not Charging

Untuk mengatasi permasalahan seperti diatas, satu-satunya hal yang dapat Anda lakukan adalah dengan mengganti baterai laptop tersebut, karena baterai laptop mempunyai masa penggunaan dan umur pemakaian. Sehingga dengan digantinya baterai laptop yang baru dapat mempermudah dan mempercepat kinerja Anda dalam bekerja.

Perlu untuk Anda ketahui dalam penggunaan laptop yang sudah mengalami performa baterai yang menurun bahwa, tidak disarankan untuk mencabut baterai laptop dan menggunakan daya listrik secara langsung. Hal tersebut karena itu akan mengganggu kinerja motherboard, VGA dan berbagai komponen lainnya, terutama pada saat listrik sedang padam secara seketika laptop Anda juga akan mengalami padam secara mendadak.

Untuk itu lebih baik membeli dan mengganti baterai laptop yang baru supaya mencegah komponen lainnya mengalami kerusakan dan pastikan baterai yang Anda beli dan akan gunakan itu yang original supaya awet dan lama dalam pemakaian. Itulah yang dapat disampaikan mengenai penyebab baterai laptop plugged in, not charging dan cara mengatasinya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel