Apa Itu VGA Card (Graphic Card) Pada Komputer Atau Laptop

Apa itu VGA Card (Graphic Card) pada komputer atau laptop - Didalam komponen-komponen pada komputer maupun laptop, pasti banyak sekali istilah yang mungkin baru atau sering Anda dengarkan, misalnya seperti RAM, Processor, Power Supply (PSU) hingga Graphic Card atau yang banyak dikenal secara umum yakni VGA Card. Graphic Card atau VGA Card merupakan sebuah komponen pada komputer atau laptop yang banyak sekali diperbincangkan oleh para gamers dan orang-orang yang sering merakit komputer.

Memang benar VGA Card banyak menjadi bahan perbincangan, hal tersebut karena komponen ini banyak memberikan kontribusi yang cukup besar sekali dalam hal performa gaming. Anda mungkin sering mendengar komponen ini, namun sudah tahukah Anda fungsi dari VGA Card atau Graphic Card ?, jika belum tahu maka Anda akan memahami fungsi dari VGA Card itu apa pada uraian dibawah ini.

Apa itu VGA Card

Kepanjangan dari VGA adalah singkatan dari Video Graphics Array atau lebih dikenal lagi dengan Kartu Grafis (Graphics Card). Kartu grafis adalah sebuah perangkat keras yang terpasang di dalam komputer yang mana bertugas untuk mengolah sinyal video yang dikirimkan oleh sistem operasi komputer dan mengirimkannya ke monitor atau proyektor.

Kartu grafis juga dapat menampilkan gambar dan animasi yang lebih halus dan detail, serta memungkinkan komputer untuk menjalankan aplikasi yang membutuhkan kinerja grafis yang tinggi, misalnya adalah seperti game atau perangkat lunak desain dan editing. Ada banyak brand kartu grafis dan jenis kartu grafis yang tersedia dan sering digunakan, mulai dari kartu grafis integrated yang terpasang di dalam motherboard komputer atau yang biasanya ada pada laptop, hingga kartu grafis dedicated yang merupakan vga tambahan.

Untuk informasi seperti harga kartu grafis, pastinya dapat bervariasi tergantung pada banyak faktor, seperti jenis kartu grafis, spesifikasi teknis dari kartu grafis itu sendiri hingga lokasi geografis di mana Anda membelinya.

Apa fungsi VGA Card

Fungsi dari VGA Card atau Graphic Card adalah merender sebuah data gambar, baik itu objek dengan 2 dimensi (2D) ataupun 3 dimensi (3D), sehingga hasil olahan data gambar tersebut akan dikeluarkan melalui output display dan ditampilkan pada monitor. Saat ini VGA Card yang dikenal secara umum adalah seperti Amd Radeon dan Nvidia Geforce, tentu Anda pernah dengar kan dua brand VGA Card tersebut.

Sehingga dapat disimpulkan bahwa fungsi utama dari kartu grafis adalah mengolah sinyal video yang dikirimkan oleh sistem operasi komputer dan mengirimkannya ke monitor atau proyektor. Ini memungkinkan komputer untuk menampilkan gambar dan animasi yang halus dan detail, serta memungkinkan komputer untuk menjalankan aplikasi yang membutuhkan kinerja grafis yang tinggi seperti game atau perangkat lunak desain.

Kartu grafis juga dapat membantu meningkatkan kinerja komputer secara keseluruhan, terutama untuk tugas-tugas yang membutuhkan pemrosesan banyak data seperti pemrosesan rendering atau pemodelan 3D desain grafis.

Namun apakah Anda juga pernah mendengar istilah Referance Card atau Referance Version dan ingin tahu apa arti kedua istilah tersebut ?. Referance card atau referance version adalah suatu versi awal mula dari VGA Card atau dengan kata lain bahwa sebuah bentuk original dari sebuah Graphic Card pada saat dirilis sebelum dikemas Brand Vendor.

Apa Itu VGA Card (Graphic Card)
Contoh Graphic Card / VGA Card NVidia RTX 2080Ti

Didalam VGA Card atau Graphic Card juga terdapat istilah GPU, VRAM, GDDR 5, Memory Clock dan Core Clock. Apa saja pengertian dan fungsi dari istilah-istilah yang ada didalam spesifikasi VGA Card tersebut ?, mari simak penjelasan singkatnya sebagai berikut dibawah ini.

Apa itu GPU

GPU atau Graphic Processing Unit adalah sebuah chip inti dari VGA Card atau bisa juga disebut sebagai processor atau otak dari VGA card. Semakin tinggi kelas dari GPU, maka semakin kencang juga VGA Card yang digunakan. Bentuk GPU tidak bisa terlihat secara jelas, hal tersebut dikarenakan posisi GPU pada VGA Card terlindungi oleh pendingin (cooler), dimana fungsi cooler ini untuk mendinginkan atau menahan panas dari suhu GPU.

Apa itu VRAM

VRAM adalah memory dari sebuah VGA Card yang berfungsi sama seperti RAM pada umumnya, namun bedanya adalah VRAM chipnya terpasang pada board VGA card. Adapun tugas dari VRAM adalah menampung data-data berupa gambar, pixel maupun texture dan biasanya VRAM sangat berpengaruh besar pada resolusi, hal tersebut karena semakin besar resolusi maka semakin banyak pixel, data-data dan texture.

Apa itu Core Clock

Core clock adalah kecepatan frekuensi yang dijalankan oleh sebuah GPU yang memiliki satuan yakni satuan Hz/Mhz. Adapun seberapa besar core clock bukan menjadi sebuah tolak ukur suatu VGA Card atau Graphic Card bagus maupun tidak. Dengan kata lain bahwa core clock merupakan istilah yang digunakan untuk menggambarkan kecepatan dasar dari processor atau CPU dan juga GPU dalam sebuah komputer.

Kecepatan ini dinyatakan dalam Megahertz (MHz) atau Gigahertz (GHz), dan menentukan seberapa cepat CPU dapat mengeksekusi instruksi-instruksi dalam program. Kecepatan core clock yang lebih tinggi biasanya akan menghasilkan kinerja yang lebih baik, namun juga biasanya akan mengakibatkan penggunaan daya yang lebih besar dan pastinya dibarengi dengan suhu yang lebih tinggi.

Apa itu Memory Clock

Memory clock adalah suatu memori yang ada pada VGA Card yang mana fungsinya hampir sama seperti core clock, bedanya adalah pada memory clock yakni clockspeed terdapat pada VRAM ataupun pada memori dan memiliki satuan Hz/Mhz. Sehingga dengan demikian bahwa istilah memory clock digunakan untuk menggambarkan kecepatan dari memori (RAM/VGA/VRAM) dalam sebuah komputer.

Kecepatan ini dinyatakan dalam Megahertz (MHz) atau Gigahertz (GHz), dan menentukan seberapa cepat memori dapat mengakses data. Kecepatan memory clock yang lebih tinggi biasanya akan menghasilkan kinerja yang lebih baik dari memori, namun juga biasanya akan mengakibatkan penggunaan daya yang lebih besar dan suhu yang lebih tinggi.

Apa itu GDDR5

GDDR5 adalah jenis memori grafis yang dikembangkan oleh Joint Electron Device Engineering Council (JEDEC). GDDR5 adalah jenis memori yang sering digunakan pada kartu grafis (GPU) yang digunakan pada komputer dan sistem gaming. GDDR5 memiliki kecepatan transfer data yang lebih tinggi dibandingkan dengan jenis memori lainnya, sehingga memungkinkan kartu grafis untuk menghasilkan gambar yang lebih halus dan lebih cepat.

GDDR5 juga memiliki efisiensi daya yang lebih tinggi dan lebih kecil dibandingkan dengan jenis memori lainnya, yang memungkinkan kartu grafis untuk beroperasi dengan suhu yang lebih rendah.

Itulah beberapa hal yang dapat disampaikan mengenai Apa Itu VGA Card (Graphic Card), GPU, VRAM, Core Clock, Memory Clock dan GDDR5. Semoga uraian diatas dapat membantu dan menambah wawasan Anda didalam mengetahui hal-hal yang berkaitan dengan Graphic Card atau VGA Card pada komponen-komponen komputer ataupun laptop.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel