Apa Itu SSD Dan Apa Perbedaannya Dengan HDD

Apa itu SSD dan apa perbedaannya dengan HDD - Di sebagian kalangan masyarakat ternyata masih banyak yang belum mengetahui perangkat keras SSD yang sedang populer belakangan ini. Mungkin sering terdengar ataupun pernah Anda lihat pada spesifikasi laptop keluaran terbaru, namun nyatanya memang masih banyak yang belum mengetahui solid state drive atau yang disingkat dengan SSD, bahkan mungkin saja Anda yang sedang membaca ini juga belum mengetahui SSD itu apa.

Singkat cerita sejarah awal munculnya SSD ini pada akhir tahun 1960 dan awal tahun 1970, dimana pada saat itu media penyimpanan data yang tidak menggunakan komponen bergerak ini diciptakan hanya untuk komputer super buatan dari IBM (International Business Machines) yakni Amdahl dan Cray. Karena harganya yang mahal membuat SSD pada saat itu hanya dibuat apabila ada yang pesan dan tidak di produksi dalam skala banyak.

Apabila dahulu harga SSD dapat dikatakan sangat mahal dan tidak ekonomis, namun saat ini seiring perkembangan zaman dan teknologi dari tahun ke tahun harganya sudah mulai terjangkau dan banyak varian merek dan besaran data yang dapat dimuat yang bisa Anda pilih, mulai dari SSD 120Gb hingga SSD 1TB. Untuk mengetahui apa itu SSD dan apa fungsinya serta apa saja perbedaannya dengan HDD akan dijelaskan sebagai berikut dibawah ini.

Apa Itu SSD Dan Apa Perbedaannya Dengan HDD
Solid State Drive (SSD)

Pengertian SSD

Solid state drive atau yang disingkat SSD adalah salah satu komponen perangkat keras komputer atau laptop yang sifatnya sebagai media penyimpanan (storage) dan tidak menggunakan piringan magnetis (komponen bergerak) seperti yang ada pada Hardisk (HDD). Sehingga dengan demikian peran SSD sama saja halnya dengan hardisk sebagai media penyimpanan, bedanya hanya pada mekanisme dari peralatan yang membentuk dimana jika hardisk menggunakan komponen bergerak maka SSD tidak menggunakan (berupa chip).

Fungsi SSD

Jika dilihat dari pengertian SSD diatas, maka sudah dapat di pahami bahwa fungsi solid state drive atau SSD adalah sebuah storage atau media tempat penyimpanan yang sama halnya seperti fungsi hdd (harddisk) pada umumnya, yang mana jika dilihat dari segi kecepatan membaca dan transfer data, SSD lebih unggul dan lebih cepat jika dibandingkan dengan HDD meskipun sama-sama memiliki fungsi yang sama sebagai tempat penyimpanan.

Apa perbedaan dan kelebihan SSD dengan HDD

Perbedaan dari kedua jenis media penyimpanan data ini sangatlah berbeda jika dilihat dari sisi bentuk fisik, kecepatan dan harga. Dibawah ini akan di jabarkan satu persatu perbedaan-perbedaan antara SSD dengan HDD sebagai berikut diantaranya adalah :

1. Dari segi bentuk fisik SSD dan HDD
SSD memiliki bentuk fisik yang lebih kecil daripada HDD dan SSD menggunakan teknologi chip sedangkan HDD menggunakan piringan magnetis. Pada saat ini besaran data SSD sudah bervariasi dan banyak pilihan, mulai dari 120 GB hingga 1TB dan ini bisa menjadi pilihan Anda mau pilih yang mana untuk di terapkan pada komputer atau laptop kesayangan dirumah.

2. Dari segi kecepatan baca dan transfer data
Jika berbicara kecepatan membaca dan transfer data, SSD sudah sangat unggul jika dibandingkan dengan HDD. Misalkan jika HDD pada umumnya membutuhkan waktu 40 detik untuk membaca data yang relatif besar, maka untuk SSD hanya membutuhkan waktu kisaran 10 detik saja dan begitupun jika melakukan transfer data, jauh lebih cepat dari pada hardisk konvensional.

3. Dari segi harga SSD dengan HDD
Untuk harga antara SSD dengan HDD, SSD lebih agak mahal jika dibandingkan dengan HDD yang lebih ekonomis, namun itu semua kembali pada diri Anda sendiri, apakah ingin SSD atau HDD dan pastinya ketahui perbedaan harganya dan bandingkan dengan kecepatannya. Untuk daftar harga SSD, berikut kami berikan kisaran harga yang ada di pasaran dan perlu diketahui bahwa harga juga tergantuk dengan merek yang diantaranya yakni sebagai berikut.

a. SSD 128 GB : TEAM M.2 SSD SATA III 128GB Rp. 902.000
b. SSD 240 GB : SANDISK SSD Plus 240GB Rp. 697.000
c. SSD 256 GB : TEAM M.2 SSD SATA III 256GB Rp. 940.000
d. SSD 500 GB : WD Blue SSD SATA 500GB Rp. 2.540.000
e. SSD 1 TB : SAMSUNG Portable SSD T5 1TB Rp 5.370.000

Baca juga : 7 Kelebihan SSD Dibandingkan Dengan HDD

Harga SSD diatas hanya kisaran, untuk mengetahui harga masing-masing dikota Anda, bisa mengunjungi toko penjualan alat komputer terdekat disekitar. Demikian uraian tentang apa itu SSD dan apa perbedaannya dengan HDD, semoga apa yang telah kami jelaskan diatas mengenai solid state drive atau yang disingkat dengan SSD bermanfaat untuk Anda dan menjadi pengetahuan baru didalam mengetahui terkait dengan SSD dan perbedaannya dengan HDD.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel