7 Kelebihan SSD Dibandingkan Dengan HDD

Kelebihan SSD dibandingkan HDD - Seiring perkembangan teknologi di bidang komputer dan peralatan elektronik, saat ini solid state drive atau SSD mulai banyak diminati oleh berbagai kalangan pengguna komputer maupun laptop. Kebanyakan mereka yang sudah menggunakannya sebagai media penyimpanan data dan sistem dalam komputer atau laptop merasa sangat senang sekali, karena SSD mampu memberikan apa yang belum bisa diberikan oleh hardisk konvensional (HDD).

Hal tersebut bukan berarti hardisk konvensional tidak cocok lagi untuk digunakan, melainkan ada nilai lebih yang ada pada SSD yang mana HDD belum mampu untuk mencapai nilai-nilai tersebut. Sebelum menggunakan dan menerapkan SSD pada komputer atau laptop, pastinya Anda harus mencari terlebih dahulu informasi-informasi mengenai apa saja keunggulan yang bisa Anda dapatkan jika memakai SSD.

Pada pembahasan dibawah ini akan dijelaskan kepada Anda semua tentang apa saja keuntungan dan kelebihan dari penggunaan SSD, apa saja keunggulan yang bisa didapatkan jika menggunakan media penyimpanan SSD pada komputer atau laptop dan apa yang menjadi nilai lebih SSD jika dibandingkan dengan menggunakan HDD seperti biasa. Sehingga pembahasan mengenai kelebihan SSD dibandingkan dengan HDD ini bisa menjadi referensi bagi Anda sebelum memilih menggunakan SSD atau HDD.


Keunggulan SSD dibandingkan HDD

Terdapat tujuh point pokok yang menjadi kelebihan SSD jika dibandingkan dengan menggunakan HDD pada komputer atau laptop, apa saja kah kelebihan dan keunggulan-keunggulan tersebut, temukan jawabannya sebagai berikut dibawah ini.

7 Kelebihan SSD Dibandingkan Dengan HDD
7 Kelebihan SSD Dibandingkan Dengan HDD

1. SSD waktu start up lebih cepat

Pada saat kita menyalakan komputer atau laptop kedalam mode on, waktu mulai bekerja sistem menjadi lebih cepat. Proses tersebut berdampak pada akses data menjadi lebih tinggi, tertunda dan terlambatnya proses membaca data atau latency saat dimuat lebih kecil bahkan rendah sekali, hingga waktu seek time atau pencarian data yang menjadi jauh lebih cepat sekali.

Contohnya adalah pada saat Anda menghidupkan komputer atau laptop, jika Anda menggunakan hardisk (HDD) konvensional yang biasa digunakan pada umumnya, proses bisa memakan waktu hingga 40 detik untuk mencapai halaman depan atau awal, sedangkan kalau Anda menggunakan SSD maka prosesnya bisa lebih cepat hingga 70% atau jika dalam hitungan detik hanya membutuhkan waktu kurang lebih 10 detik.

2. SSD tidak berisik

Dikarenakan teknologi yang ada didalam SSD sudah tidak menggunakan piringan magnetis (komponen bergerak) seperti yang ada pada Hardisk (HDD), maka didalam proses penggunaannya pada saat komputer atau laptop bekerja tidak akan menimbulkan suara berisik, berdengung atau bernoise. Hal tersebut karena SSD sudah menggunakan teknologi Chip yang tertanam didalamnya, berbeda dengan HDD yang menggunakan piringan magnetis.

3. SSD hemat dalam penggunaan listrik

Jika yang Anda gunakan SSD pada komputer atau laptop, itu sudah menjadi langkah awal didalam menghemat penggunaan daya listrik, hal tersebut karena walaupun SSD berbasis DRAM (Dynamic Random Access Memory) yang masih membutuhkan catu daya yang tinggi, namun apabila dibandingkan dengan penggunaan hardisk konvensional (HDD), maka energi yang dibutuhkan jauh lebih kecil dan pastinya hemat energi.

4. SSD tahan dan fleksibel

Apabila komputer atau laptop yang Anda gunakan mengalami getaran, guncangan dan bahkan bertemperatur tinggi atau dengan kata lain mengalami kepanasan yang diakibatkan dari suhu ruangan dan sebagainya, maka SSD akan jauh lebih tahan dan mampu menahan hal-hal tersebut, sehingga Anda tidak perlu takut lagi mengenai hal itu.

5. Bentuk dan bobot SSD yang minimalis

Jika berbicara mengenai bentuk, bobot dan kapasitas SSD, dengan ukuran kapasitas penyimpanan yang sama maka SSD mempunyai bobot yang ringan dan ramping yang berbeda sekali dengan ukuran HDD yang lebih besar, sesuai dengan teknologi yang tertanam didalamnya yang hanya berupa chip untuk SSD dan piringan magnetis untuk HDD.

6. SSD dapat menyimpan data meskipun distribusi daya tidak ada

Karena SSD bisa menyimpan file data walaupun distribusi daya tidak ada, kemungkinan besar apabila teknologi SSD di kombinasikan dengan teknologi memory transistor (memristor), hal ini bisa menjadi awal terciptanya komputer yang bisa di on-off kan seperti halnya sebuah TV. Dengan demikian perintah shutdown, blue screen, start up maupun perintah yang sejenisnya hanya akan menjadi catatan history atau sejarah masa kini untuk dimasa yang akan datang.

7. Performa SSD yang sangat baik untuk editing dan pemrograman 3D

Mengenai hal ini, bagi Anda yang memiliki hobby atau menekuni bidang editing dan programming sangat cocok sekali, karena SSD dapat memberikan performa yang sangat baik dalam hal kecepatan rendering dan membaca data meskipun data yang dibuka termasuk besar. Oleh karena itu bagi Anda yang masuk kedalam kategori membidangi hal-hal ini, sangat cocok sekali dan pastinya Anda akan tahu bagaimana performa yang akan diberikan SSD untuk Anda.

Bagaimana, sudah dapat gambaran tentang keunggulan SSD jika dibanding dengan HDD dari segi bentuk, performa dan lain sebagainya seperti yang telah dijelaskan di artikel diatas mengenai 7 kelebihan SSD dibandingkan dengan HDD. Semua kembali pada diri sendiri mau pilih yang mana, karena dari segi fungsi sama saja sebagai media penyimpanan, yang membedakannya hanya dari segi performa kecepatan dan pastinya harga SSD yang masih lebih mahal daripada HDD sesuai dengan kapasitas masing-masing.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel