Pengertian Asuransi Dan Jenis-Jenisnya

Pengertian asuransi dan jenis-jenisnya - Setiap manusia didalam menjalani kehidupan pastinya selalu dibayang-bayangi oleh berbagai resiko seperti sakit yang bisa saja terjadi kapan dan dimana saja, tanpa bisa di prediksi sebelumnya. Menerapkan pola hidup sehat dan teratur merupakan kunci agar kesehatan tetap terjaga dan fit.

Selain menjaga pola hidup yang sehat serta teratur, hal lainnya yang sangat perlu untuk Anda pertimbangkan juga adalah seperti proteksi biaya kesehatan sebagai usaha untuk meminimalisir resiko, agar apabila Anda memerlukan biaya perawatan yang sifatnya dadakan tidak mengharuskan untuk menarik isi tabungan simpanan.

Apa itu asuransi ?

Pengertian asuransi secara umum merupakan suatu cara yang terbilang sangat tepat sekali untuk bisa membentengi diri Anda dalam hal pembiayaan perawatan kesehatan, sehingga jika terjadi suatu hal yang tidak di inginkan yang bersifat dadakan, maka asuransilah yang akan menjadi proteksi Anda dalam penanganan biaya.

Pengertian Asuransi Dan Jenis-Jenisnya
Asuransi

Asuransi adalah suatu bentuk perjanjian atau pertanggungan yang dilakukan oleh kedua belah pihak (dalam hal ini perorangan maupun kelompok dengan perusahaan jasa asuransi), yang mana pihak kesatu memiliki kewajiban untuk membayar premi atau iuran yang telah di sepakatinya.

Sedangkan pihak kedua memiliki kewajiban untuk menanggung dan memberikan jaminan secara penuh kepada nasabah atau pembayar premi (iuran) jika terjadi suatu hal yang menimpa diri maupun barang miliknya yang telah sesuai dengan syarat perjanjian-perjanjian yang telah dibuat pada saat mendaftarkan diri pada produk asuransi.

Jenis-jenis asuransi

Asuransi terdapat banyak sekali jenis-jenisnya, sehingga sebelum Anda menjatuhkan pilihan pada suatu produk asuransi, maka alangkah baiknya ketahui dahulu apa saja jenis-jenis asuransi dan apa saja manfaat yang akan Anda dapatkan jika memilih produk asuransi tersebut.

Baca juga : 5 Hal Yang Perlu Di Perhatikan Sebelum Memilih Produk Asuransi

Dibawah ini akan disebutkan dan dijelaskan secara ringkas mengenai jenis-jenis produk asuransi yang harus untuk Anda ketahui, sebelum memilih salah satu produk asuransi yang diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Produk asuransi kesehatan

Pengertian asuransi kesehatan adalah salah satu produk asuransi yang memberikan jaminan kepada pemegang polis (nasabah) yang mengalami sakit, sehingga asuransi ini digunakan untuk mengurangi biaya kesehatan yang dibutuhkan untuk masa penyembuhan dan pemulihan.

2. Produk asuransi jiwa

Pengertian asuransi jiwa adalah salah satu produk asuransi yang memberikan jaminan kepada pemegang polis (nasabah) yang diberikan jika terjadi kerugian finansial tidak diduga karena tutup usia seseorang dan anggota keluarganya akan mendapatkan klaim dana asuransi yang telah sesuai dengan premi atau iuran yang sudah dibayarkan serta kesepakatan pada saat pendaftaran produk asuransi jiwa tersebut.


3. Produk asuransi pendidikan

Pengertian asuransi pendidikan adalah salah satu produk asuransi yang memberikan jaminan kepada pemegang polis (nasabah) berupa perencanaan pendidikan anak dimasa yang akan datang (biasanya asuransi ini tergabung kedalam asuransi jiwa), sehingga biaya pendidikan anak sudah terproteksi dengan jenis asuransi ini sesuai dengan persyaratan dan perjanjian yang telah disepakati.

4. Produk asuransi kerugian

Pengertian asuransi kerugian adalah salah satu produk asuransi yang memberikan jaminan kepada pemegang polis (nasabah) berupa kejadian yang merugikan usaha yang telah di atur dalam Undang-Undang No.2 Tahun 1992 dan jenis asuransi ini akan menanggulangi kerugian oleh suatu usaha yang telah didaftarkan.

Baca juga : Jenis-Jenis Asuransi Kerugian

Itulah pengertian asuransi dan jenis-jenisnya yang sangat wajib sekali untuk Anda ketahui sebelum daftar pada perusahaan asuransi. Sehingga bagi Anda yang bingung ingin memilih produk asuransi apa yang cocok, maka Anda bisa menentukan produk yang mana yang mewakili kebutuhan Anda dalam memilih asuransi.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel