Cara Baca Kode Ban Mobil Dan Artinya Dengan Mudah

Cara baca kode ban mobil dan artinya - Memiliki sebuah mobil impian merupakan suatu hal yang banyak diinginkan oleh setiap orang. Hal tersebut karena selain mempermudah gerak arah dan tujuan, dimana fungsi utama mobil sebagai sarana mobilitas dalam beraktifitas, akan tetapi juga dianggap dapat mengangkat derajat dan status sosial seseorang.

Banyak yang beranggapan bahwa memiliki sebuah mobil sudah pasti mapan dalam hal ekonomi, padahal pada kenyataannya terkadang tidak demikian. Sehingga dengan berbagai anggapan seperti itu, tidak sedikit dari berbagai kalangan masyarakat disekitar kita menempuh dengan berbagai macam cara untuk memiliki sebuah mobil idaman, salah satunya adalah dengan cara kredit mobil.

Sebelum memiliki sebuah mobil, hal-hal yang perlu untuk dipertimbangkan adalah biaya-biaya yang akan dikeluarkan secara berkala untuk tetap menjaga performa dari mobil yang akan dimiliki serta perawatan dan keamanan, misalnya adalah seperti biaya ganti oli, service berkala, pajak tahunan, biaya ganti ban mobil dan asuransi mobil.

Baca ini :

Pergantian oli mobil sudah pasti harus dilakukan secara berkala, biasanya pada setiap rentang jarak tempuh hingga 5000 km, service berkala juga perlu untuk diperhatikan karena hal ini akan berkaitan dengan performa mesin mobil maupun komponen-komponen lainnya. Pajak tahunan dan asuransi juga harus diperhatikan, mengingat kesadaraan akan ketaatan dengan aturan yang ada dan keamanan kendaraan, sedangkan untuk ban mobil harus sangat diperhatikan masa penggunaannya.

Cara Baca Kode Ban Mobil Dan Artinya
Cara Baca Kode Ban Mobil

Ban pada mobil memiliki masa penggunaan, biasanya sebuah ban dapat digunakan dengan performa yang baik selama 3 tahun atau dengan jarak tempuh kendaraan mulai 40.000 hingga 60.000 km. Adapun setiap ban mobil memiliki ukuran, tahun produksi, ukuran tekanan dengan satuan PSI (Pounds per Square Inch), kecepatan rotasi maksimal, tekanan maksimal beban serta suhu maksimal pada saat roda ban mobil berputar.

Untuk mengetahui hal itu semua, produsen ban telah mencetak informasi tersebut dalam bentuk serangkaian kode khusus yang ada pada sisi ban bagian terluar. Dengan kata lain bahwa kode khusus itu dapat Anda temukan pada bagian tepi ban mobil. Dibawah ini akan dijelaskan secara lengkap bagaimana cara membaca kode ban mobil dan artinya dengan mudah.

Cara membaca kode ban mobil dan artinya

Kode ban yang ada pada bagian tepi ban mobil memberikan informasi seputar tahun pembuatan ban, ukuran dimensi dan lain sebagainya yang telah dijelaskan diatas. Biasanya kode tersebut berisikan dengan serangkaian huruf dan angka, yang mana semua informasi berupa huruf dan angka tersebut memiliki makna masing-masing. Contohnya saja adalah seperti sebuah ban mobil yang berkode 235 / 70R18 95V, maka arti kode ban mobil tersebut adalah sebagai berikut :

A. Kode 235 merupakan nilai lebar bagian ban dalam satuan milimeter (mm).
B. Kode 70 merupakan perbandingan nilai persen antara tinggi ban dengan lebar ban, hal ini berarti tinggi ban 70 persen dari lebar ban mobil 235 mm.
C. Kode R merupakan penjelasan bahwa ban mobil tersebut berjenis Ban Radial.
D. Kode 18 merupakan penjelasan bahwa ban mobil tersebut cocok dengan ukuran velg dengan diameter 18 inci.
E. Kode 95 merupakan penjelasan bahwa ban mobil tersebut memiliki batas beban 600 sampai 800 kg per ban mobil. Dibawah ini adalah kode beban maksimal (dalam satuan kg) berlaku pada setiap ban sebagai berikut :

1. Kode ban 62 memiliki batas beban maksimal hingga 265 kg.
2. Kode ban 63 memiliki batas beban maksimal hingga 272 kg.
3. Kode ban 64 memiliki batas beban maksimal hingga 280 kg.
4. Kode ban 66 memiliki batas beban maksimal hingga 300 kg.
5. Kode ban 68 memiliki batas beban maksimal hingga 315 kg.
6. Kode ban 70 memiliki batas beban maksimal hingga 335 kg.
7. Kode ban 73 memiliki batas beban maksimal hingga 365 kg.
8. Kode ban 75 memiliki batas beban maksimal hingga 387 kg.
9. Kode ban 80 sampai 89 memiliki batas beban maksimal hingga 450 kg - 580 kg.
10. Kode ban 90 sampai 100 memiliki batas beban maksimal hingga 600 kg - 800 kg.

F. Kode V merupakan penjelasan bahwa ban mobil tersebut memiliki batas kecepatan maksimal hingga 240 km/jam. Dibawah ini adalah kode kecepatan maksimal (dalam satuan km/jam) berlaku pada setiap ban sebagai berikut :

1. Kode ban mobil P memiliki batas kecepatan maksimal hingga 150 km/jam.
2. Kode ban mobil Q memiliki batas kecepatan maksimal hingga 160 km/jam.
3. Kode ban mobil R memiliki batas kecepatan maksimal hingga 170 km/jam.
4. Kode ban mobil S memiliki batas kecepatan maksimal hingga 180 km/jam.
5. Kode ban mobil T memiliki batas kecepatan maksimal hingga 190 km/jam.
6. Kode ban mobil H memiliki batas kecepatan maksimal hingga 210 km/jam.
7. Kode ban mobil V memiliki batas kecepatan maksimal hingga 240 km/jam.
8. Kode ban mobil W memiliki batas kecepatan maksimal hingga 270 km/jam.
9. Kode ban mobil Y memiliki batas kecepatan maksimal hingga lebih dari 300 km/jam.

Itulah cara bagaimana mengartikan informasi kode pada ban mobil, sehingga Anda bisa menentukan dan memilih jenis dan ukuran ban mobil yang sesuai dengan yang Anda butuhkan. Semoga uraian diatas mengenai cara membaca kode ban mobil dan artinya bermanfaat dan dapat menjadi referensi informasi baru bagi Anda dalam menentukan pilihan ukuran dan jenis Ban Mobil.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel