Cara Cek BI Checking Di Hp Android Secara Online

Cara cek BI checking di hp android online - Di era digital yang semakin maju seperti sekarang ini membuat segala aktifitas semakin lebih cepat dikerjakan, misalnya adalah seperti belanja online, transfer uang, pesan makanan, hingga yang biasa hanya dilakukan oleh pihak perbankan yakni BI checking secara online pun sudah tersedia. Sehingga hal tersebut dapat menghemat waktu, biaya hingga tenaga, karena semua aktifitas dapat dilakukan via hp smartphone.

Pada pembahasan kali ini akan berfokus pada layanan BI Checking yang sudah tersedia secara online yang diberikan oleh otoritas jasa keuangan atau yang dikenal dengan OJK. Cek BI checking sudah dapat dilakukan cukup dari rumah saja, sehingga kita tidak perlu lagi untuk antri pada kantor OJK. BI checking sangatlah penting, terutama bagi yang ingin mengajukan kredit pemilikan rumah (KPR).

Mengapa demikian ?
Hal tersebut karena BI checking merupakan sebagai sebuah tolak ukur atau dasar bagi pihak Bank untuk menilai apakah calon kreditur layak diberikan pinjaman. BI checking erat sekali kaitannya dengan informasi bagaimana kemampuan serta riwayat pembayaran kredit seseorang pada masa lalu.

Oleh karena itu dibawah ini akan dijelaskan secara detail mengenai BI checking, mulai dari pengertian BI checking online, fungsi BI checking dan bagaimana tata cara daftar BI checking online terbaru hingga mendapatkan informasi tentang riwayat BI checking. Untuk mengetahui itu semua, berikut penjelasannya.

Cara Check BI Checking Online

Apa itu BI checking ?

Sistem layanan informasi keuangan (SLIK) atau lebih dikenal secara umum BI checking adalah salah satu layanan otoritas jasa keuangan berupa data berkas yang didalamnya berisikan dengan riwayat pinjaman seseorang, termasuk bagaimana kualitas pinjaman pada bank dimasa lalu, apakah seseorang tersebut lancar, telat atau bahkan gagal bayar saat pembayaran kredit pinjaman.

Semua riwayat kualitas pinjaman tersebut tersimpan dan terdata dengan baik pada sistem database dan juga berkas, sesuai nomor Informasi Debitur (IDEB) masing-masing akun. Sehingga dengan demikian arti BI checking adalah riwayat catatan atau history kredit dari seorang debitur, selama mempunyai kewajiban untuk membayar cicilan pinjamannya.

Hal ini berarti bahwa pihak Bank akan dengan mudah mengetahui bagaimana rekam jejak seseorang pada saat memiliki kewajiban membayar kredit pinjaman bank sebelumnya, apakah lancar dalam pembayaran cicilan ataupun gagal membayar kredit pinjaman. Oleh karena itu informasi debitur ini merupakan sebuah kunci apakah disetujui atau tidaknya Pengajuan Pinjaman, KPR dan Kartu Kredit.

Apa saja fungsi BI checking ?

Fungsi utama dari adanya BI checking pastinya untuk memudahkan pihak Bank didalam mengetahui informasi rekam jejak kualitas kredit perseorangan selama mempunyai kewajiban membayar kredit pinjaman. Adapun fungsi lainnya adalah seperti berikut dibawah ini :

1. Mengetahui jumlah pinjaman yang masih tersisa.
2. Mengetahui riwayat pinjaman.
3. Mengetahui kualitas kredit pinjaman pribadi.
4. Mengecek pengajuan pinjaman.

Cara Daftar BI checking online terbaru

Karena layanan BI checking saat ini sudah tersedia secara online dan sudah bisa secara langsung mengetahui bagaimana hasilnya, maka dibawah ini akan dijelaskan bagaimana cara daftar BI checking online via hp smartphone dengan mudah, yang dapat Anda ketahui sebagai berikut dibawah ini.

Cara Cek BI Checking Di Hp Android Secara Online
Cara Daftar BI Checking Online

1. Silahkan kunjungi halaman layanan SLIK OJK pada laman https://konsumen.ojk.go.id/MinisiteDPLK/Registrasi.
2. Kemudian setelah itu akan tampil Form Registrasi (Formulir Permohonan Informasi Debitur atau IDEB), tentukan tanggal yang Anda inginkan kemudian pilih Lanjut.
3. Setelah itu pada halaman berikutnya, silahkan isi data pribadi untuk BI Checking dan pastikan Nama, Email dan lainnya sudah sesuai.
4. Kemudian tahap selanjutnya adalah Konfirmasi Pendaftaran akan dikirim sesuai dengan email yang telah di daftarkan.
5. Silahkan tunggu konfirmasi dari otoritas jasa keuangan (OJK), biasanya berisikan dengan nomor antrian, tanggal dan arahan selanjutnya maksimal dua hari sebelum hari yang sudah di tetapkan pada tanggal pendaftaran.
6. Lakukan konfirmasi seperti isi yang ada pada email balasan OJK berupa foto selfie dan data KTP.
7. Apabila telah sesuai, maka data BI Checking akan dikirimkan melalui via email ataupun Whatsapp.

Setelah mengetahui bagaimana cara mudah cek BI checking online, baik melalui komputer atau laptop dan hp smartphone, maka hal tersebut akan membuat Anda menjadi lebih tahu bagaimana riwayat kualitas kredit selama Anda memiliki kewajiban membayar kredit pinjaman, sehingga peluang disetujuinya pengajuan lebih maksimal, baik itu pinjaman perseorangan (personal loan), kartu kredit (credit card) dan pengajuan kredit perumahan rakyat atau KPR.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel