Cara Screenshot Di Laptop Dan Komputer

Cara screenshot di laptop dan komputer - Menangkap tampilan layar pada laptop maupun komputer pada umumnya banyak dikenal oleh berbagai kalangan dengan sebutan screenshot, jika diartikan lebih sederhana berarti capture layar monitor. Screenshot merupakan salah satu fitur yang banyak digunakan pada laptop dan komputer untuk tujuan tertentu.

Fungsi utama screenshot adalah untuk mendapatkan gambar pada layar monitor yang sedang aktif, sehingga berdasarkan fitur tersebut kita bisa membagikan atau menyimpan gambar yang telah di capture tersebut untuk keperluan tertentu, misalnya saja komputer atau laptop yang kita gunakan mengalami eror yang muncul dilayar monitor.

Pada saat kita ingin menunjukkan hal tersebut ke pihak lain dan mencari solusinya, maka screenshot merupakan sebuah cara yang sangat tepat. Hal tersebut karena kualitas dari tangkapan layar yang sangat baik, jernih, jelas dan berkualitas. Oleh karena itu ketahuilah bagaimana cara screenshot dilaptop dan komputer dengan mudah bahkan dengan tanpa aplikasi.

Cara Screenshot Di Laptop Dan Komputer
Cara screenshot di laptop

Cara screenshot dilaptop dan komputer dengan tombol PrtSc pada keyboard

Untuk melakukan screenshot atau capture layar di laptop ataupun di komputer, Anda dapat menggunakan fitur yang sudah ada tersedia pada tombol Print Screen (PrtSc) yang terdapat pada keyboard. Beberapa langkah dan caranya adalah sebagai berikut :

1. Wajib memastikan layar monitor yang ingin di capture sudah dalam keadaan aktif.
2. Tekan tombol PrtSc pada keyboard, pada tahap ini tidak akan terlihat sesuatu perubahan apa yang terjadi, akan tetapi screenshot akan secara otomatis disimpan ke clipboard atau memori sementara.
3. Silahkan anda membuka aplikasi Paint pada laptop atau komputer.
4. Tekan tombol Ctrl + V di keyboard pada Paint dan maka secara otomatis hasil screenshot akan terlihat.
5. Anda bisa merubah gambar sesuai keinginan, lalu simpan dengan format yang diinginkan.

Selain cara screenshot dilaptop serta komputer yang telah diuraikan diatas, yang memanfaatkan fitur pada tombol PrtSc pada keyboard, Anda juga bisa menggunakan fitur yang telah disediakan oleh sistem operasi. Misalnya pada sistem operasi windows 10 dan 11, Anda bisa menekan tombol di keyboard yakni Windows + Shift + S untuk mengaktifkan fitur Snip & Sketch, yang memberikan pilihan Anda supaya memilih area layar mana yang akan Anda capture.

Cara screenshot dilaptop dan komputer dengan sistem operasi yang berbeda

Untuk mendapatkan sebuah screenshot dilaptop dan dikomputer dengan sistem operasi yang berbeda, misalnya saja seperti cara screenshot di windows, macOs dan linux, maka Anda dapat menggunakan beberapa tombol kombinasi yang berbeda, berikut adalah beberapa cara yang dapat Anda coba :

1. Pada sistem operasi Windows, cara capture layar adalah dengan tekan tombol "Windows + Print Screen". Hal ini akan mengambil screenshot dari layar monitor Anda dan menyimpannya ke dalam folder "Screenshots" di dalam folder "Pictures" di dalam drive "C".

2. Pada sistem operasi macOS, cara capture layar adalah dengan tekan tombol "Shift + Command + 3" untuk mengambil screenshot dari layar penuh, atau tekan tombol "Shift + Command + 4" untuk mengambil screenshot dari bagian tertentu dari layar laptop Anda. Screenshot yang diambil akan disimpan di desktop.

3. Pada sistem operasi Linux, cara capture layar adalah dengan tekan tombol "Print Screen" untuk mengambil screenshot dari layar penuh atau tekan tombol "Alt + Print Screen" untuk mengambil screenshot dari jendela aktif saja. Screenshot yang diambil akan disimpan di folder "Screenshots" di dalam folder "Pictures".

Dengan adanya fitur screenshot pada laptop atau komputer, Anda bisa dengan mudah mendapatkan gambar pada layar monitor laptop atau komputer. Anda bisa menggunakan screenshot untuk berbagai tujuan, mulai dari membagikan tampilan layar yang menarik, hingga menangkap pesan error yang muncul di layer monitor.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel