Cara Mengetahui Sistem 32-bit atau 64-bit Windows 7,8,10 dan 11

Cara mengetahui sistem 32bit atau 64bit - Komputer atau laptop yang biasa kita gunakan setiap hari dalam menunjang aktifitas pekerjaan, pastinya memiliki sebuah sistem yang mengatur dan menjalankan semua perintah program. Sistem yang mengatur tersebut diketahui dengan istilah satuan bit yang mana kemudian dikelompokkan menjadi dua pilihan, pertama adalah sistem 32-bit dan kedua adalah sistem 64-bit. Apa arti kedua sistem tersebut dan apa perbedaannya ?

Sistem bit adalah sebuah satuan perhitungan pada sistem operasi seperti windows yang digunakan untuk mengukur jumlah informasi yang dapat disimpan atau diproses oleh sebuah komputer dan laptop. Nilai dari satu bit adalah dapat bernilai 0 atau 1, sehingga dengan demikian bahwa komputer atau laptop dengan menggunakan sistem 32-bit dapat menyimpan atau memproses informasi hingga 32-bit, sedangkan komputer atau laptop yang menggunakan sistem operasi 64-bit dapat menyimpan atau memproses informasi hingga 64-bit.

Sistem bit ini juga sangat berpengaruh dengan jenis sistem operasi yang digunakan pada komputer maupun laptop, hal tersebut karena sistem operasi 32-bit hanya dapat dijalankan pada komputer dengan sistem 32-bit, sedangkan sistem operasi 64-bit dapat dijalankan pada komputer atau laptop dengan sistem 32-bit maupun 64-bit, artinya bahwa sistem 64-bit bisa keduanya namun tidak untuk yang sistem 32-bit. Sebenarnya apa yang dimaksud dengan sistem operasi pada komputer dan laptop ?, berikut penjelasannya.

Cara-Mengetahui-Sistem-32-bit-atau-64-bit Windows-7-8-10-11
Cara cek komputer berapa bit

Apa itu sistem operasi pada komputer dan laptop

Sistem operasi adalah suatu perangkat lunak yang mana berfungsi didalam mengatur seluruh proses yang terjadi di dalam komputer atau laptop, serta menyediakan lingkungan kerja bagi program-program lainnya. Sistem operasi bertanggung jawab untuk mengatur dan mengelola seluruh sumber daya yang ada di dalam komputer, seperti memori, prosesor serta perangkat keras lainnya.

Sistem operasi juga menyediakan antarmuka (interface) antara pengguna dan perangkat keras komputer, sehingga pengguna dapat mengakses dan menggunakan komputer secara mudah. Contoh sistem operasi yang populer adalah seperti Windows, macOS dan Linux. Dengan penjelasan tersebut sudah jelas bahwa sistem operasi sangat erat kaitannya dengan tampilan antarmuka serta sebagai manajer atas fungsi dari segala perangkat keras yang ada pada komputer.

Konsep sistem operasi 32-bit dan 64-bit

Sistem operasi 32-bit adalah sebuah sistem operasi yang dapat menggunakan hingga sekitar 4GB memori utama. Sistem operasi 32-bit biasanya digunakan pada laptop dan netbook dengan memori utama yang lebih kecil. Sistem operasi 32-bit juga dapat digunakan pada komputer desktop, namun kemampuannya akan terbatas jika dibandingkan dengan sistem operasi 64-bit.

Sistem operasi 64-bit adalah sebuah sistem operasi yang dapat menggunakan lebih dari 4GB memori utama. Sistem operasi 64-bit biasanya digunakan pada komputer dengan memori utama yang lebih besar, seperti komputer desktop atau server. Sistem operasi 64-bit memiliki kemampuan yang lebih baik dalam menangani program yang membutuhkan banyak memori, seperti halnya adalah aplikasi editing foto dan video serta program desain grafis. Oleh karena itu, sistem operasi 64-bit seringkali menjadi pilihan yang lebih baik bagi pengguna yang membutuhkan performa yang lebih tinggi dari komputer mereka.

Bagaimana cara untuk mengetahui sistem 32-bit atau 64-bit

Untuk mengetahui apakah sistem operasi yang digunakan pada Windows, baik itu windows 7, windows 8, windows 10 dan windows 11 yang Anda gunakan adalah versi 32-bit atau 64-bit, dapat diketahui dengan menggunakan beberapa cara yang diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Cara pertama adalah buka menu Sistem yang ada pada pilihan Settings dengan icon Gear diatas logo windows. Kemudian di halaman sistem akan tampil submenu lagi, maka pilih About, maka setelah itu Anda akan melihat informasi mengenai jenis sistem yang Anda gunakan, apakah sistem operasi versi 32-bit atau 64-bit.

2. Cara kedua yakni buka This PC atau My Computer, kemudian tekan kanan mouse diatas This Pc kemudian pilih Properties. Di halaman yang akan tampil setelah memilih Properties adalah Anda akan melihat informasi mengenai jenis sistem yang Anda gunakan, termasuk apakah sistem operasi versi 32-bit atau 64-bit.

3. Cara ketiga adalah dengan membuka Command Prompt (CMD), lalu ketikkan perintah seperti ini wmic OS get OSArchitecture dan setelah itu tekan Enter. Setelah itu, Anda akan melihat informasi mengenai jenis sistem yang Anda gunakan, apakah sistem operasi versi 32-bit atau 64-bit.

Mana yang lebih baik, sistem operasi 32-bit atau 64-bit ?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut maka jawabannya adalah tidak ada sistem operasi yang secara umum lebih baik daripada yang lain, hal tersebut karena keputusan terbaik ada pada kebutuhan dan preferensi dari masing-masing pengguna komputer atau laptop. Akan tetapi, jika dilihat dari segi kebebasan dan performa dalam menggunakan komputer atau laptop, maka sistem operasi 64-bit memiliki beberapa keunggulan jika dibandingkan dengan sistem operasi 32-bit seperti kemampuan untuk menggunakan lebih banyak memori dan performa yang lebih baik dalam menjalankan program-program yang membutuhkan banyak memori.

Oleh karena itu, jika Anda memiliki komputer dengan memori utama yang cukup besar dan sering menggunakan program yang membutuhkan banyak memori seperti game dan program editing serta desain grafis, maka sistem operasi 64-bit akan menjadi pilihan yang lebih baik. Akan tetapi, apabila komputer atau laptop Anda memiliki memori utama yang terbatas dan tidak membutuhkan performa yang lebih tinggi, maka sistem operasi 32-bit akan menjadi pilihan yang lebih tepat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel