Media teknologi informasi seputar komputer, smartphone, game, internet, spesifikasi dan harga, review, travel, bisnis, asuransi, otomotif, tips, tutorial, cara, gaya hidup serta kesehatan.

Sabtu, 21 April 2018

10 Tips Cara Belanja Online Dengan Aman

10 Tips cara belanja online dengan amanDi zaman modern seperti sekarang ini pasti semua sudah pernah mencoba untuk belanja online karena lebih praktis dan efisien. Akan tetapi tidak semua orang pandai dalam mencoba berbelanja online.

Terkadang kita sebagai pembeli bisa ditipu, barang tidak sesuai pesanan, barang yang dikirim rusak, dan sebagainya. Oleh karena itu berikut ini tips-tips yang harus diperhatikan sebelum kalian memutuskan untuk belanja online.

Cara aman belanja online

Dibawah ini terdapat beberapa tips dan cara meminimalisir terjadinya penipuan saat belanja online yang diantaranya yakni dapat dijelaskan secara lengkap sebagai berikut.

Tips Cara Belanja Online Dengan Aman

1. Pilihlah toko online (olshop) yang terpercaya

Pastikan olshop atau penjual yang anda pilih benar-benar terpercaya. Olshop yang terpercaya sudah pasti mendapatkan banyak testimoni positif dan tingkat penjualan yang tinggi serta bisa juga dilihat dari tingginya rating olshop itu sendiri.

Misalkan dalam aplikasi belanja online kalian pasti melihat rating dalam profil olshop tersebut. Biasanya rating tersebut berkisar dari angka 1-5. Jika rating dari olshop tersebut ada di kisaran angka 4-5 maka dapat dipastikan olshop terpercaya.

2. Lihat dengan teliti deskripsi produk

Biasanya olshop pasti memberikan secara detail deskripsi produk mereka disertai dengan gambar. Mulai dari ukuran yang lengkap, bahan, berat, kelengkapan produk, garansi produk dan sebagainya.

Terkadang ada juga olshop yang tidak mencantumkan deskripsi produk, namun kalian masih bisa menghubungi kontak yang sudah dicantumkan oleh olshop tersebut.

3. Melihat gambar asli

Hal ini dilakukan agar saat pesanan kalian sudah tiba memang benar-benar sudah sesuai dengan gambar yang dipajang oleh olshop. Biasanya dalam aplikasi belanja online dalam kolom testimoni mereka menyertakan foto pesanan yang sudah tiba. Jika tidak ada kalian bisa menghubungi langsung kontak yang tercantum di profil.

4. Bandingkan harga

Ini penting sekali mengingat zaman sekarang ini sudah banyak bertebaran online shop, maka kalian juga bisa membandingkan harga produk yang ingin kalian beli di online shop lainnya sehingga bisa lebih hemat.

5. Jangan asal belanja

Sering kali ada beberapa orang merasa tertipu dalam belanja online. Hal ini dikarenakan ketika melihat produk yang mereka inginkan, mereka asal memilih saja dan langsung mentransfer tanpa memperhatikan apakah itu olshop terpercaya atau bukan. Oleh karena itu para buyer harus benar-benar teliti dalam belanja online.

6. Sering cek promo

Biasanya sebuah olshop besar pasti melakukan promo diskon atau beli 1 gratis 1. Oleh karena itu kalian juga bisa mengecek setiap saat biar lebih hemat dan pastinya dengan keuntungan yang menarik yakni potongan harga.

7. Berikan keterangan/catatan yang penting

Terkadang suatu olshop meminta catatan/keterangan mengenai warna, ukuran atau motif dari suatu produk. Sehingga kalian saat order suatu produk jangan lupa untuk memberikan keterangan yang lengkap agar tidak ada kejadian salah kirim produk.

8. Pengecekan no resi pengiriman

Olshop terpercaya sudah pasti memberikan no resi pengiriman kepada buyer agar pihak buyer dapat melakukan pengecekan sendiri di web resmi agen pengiriman. Ada juga olshop yang lupa untuk memberikan resi pengiriman karena sibuk atau banyaknya pengiriman. Jangan sungkan untuk menghubungi olshop tersebut tetapi dengan kata-kata yang sopan.

9. Pengecekan barang pesanan

Ketika barang pesanan sudah kalian terima dari kurir, pastikan dulu apakah barang tersebut sudah sesuai dengan gambar, apakah ada yang cacat atau tidak serta warna dan ukuran yan kalian mau.

10. Komplain produk

Jika barang yang kalian pesan terdapat kesalahan, maka jangan sungkan untuk menghubungi olshop tersebut. Yang pasti kalian komplain 1x24 jam setelah barang diterima. Kalau lebih dari itu maka dipastikan sudah tidak bisa lagi komplain kalian akan diterima.

Itulah berbagai tips-tips dan cara yang sedikit berguna dalam memutuskan untuk belanja online. Semoga bermanfaat dan menjadi referensi informasi mengenai cara aman belanja online di toko online.