Media teknologi informasi seputar komputer, smartphone, game, internet, spesifikasi dan harga, review, travel, bisnis, asuransi, otomotif, tips, tutorial, cara, gaya hidup serta kesehatan.

Jumat, 24 Agustus 2018

Akibat Tidak Pernah Olahraga Yang Harus Kamu Ketahui

Akibat tidak pernah olahraga - Banyak diantara kita yang masih belum menyadari akan pentingnya berolahraga, padahal tubuh kita didesain untuk selalu bergerak sehingga rajin berolahraga merupakan suatu hal yang dianjurkan untuk dilakukan setiap hari.

Banyaknya aktifitas dan kesibukan seringkali membuat kita tidak bisa berolahraga, sehingga dapat dikatakan bahwa faktor utama manusia tidak berolahraga adalah karena kesibukan yang tidak menyisakan banyak waktu luang bagi kita untuk melakukan aktifitas olahraga.


Tahukah kamu bahwa disaat otot dan rangka tubuh sering bergerak, maka denyut jantung kita akan meningkat. Sehingga dengan demikian akan membuat darah, oksigen serta nutrisi terdistribusi keseluruh tubuh dengan sempurna dan apabila kamu tidak berolahraga maka tidak akan terjadi mekanisme tersebut.

Akibat Tidak Pernah Olahraga

Dampak yang akan timbul jika jarang atau tidak pernah olahraga

Dibawah ini adalah beberapa akibat yang akan muncul jika kamu jarang atau tidak pernah berolahraga, apa sajakah akibat yang ditimbulkan ? simak penjelasannya sebagai berikut.

1. Pengaruh pada otot

Dengan terganggunya distribusi oksigen akan berpengaruh pada otot, dimana yang akan terjadi adalah rasa pegal pada seluruh anggota tubuh kamu. Otot-otot kamu akan terasa kaku bahkan keram disaat kekurangan oksigen, karena pada dasarnya memang fungsinya menjaga kelenturan otot-otot.

2. Pengaruh pada otak

Apabila oksigen tidak terdistribusi secara baik, maka akan mempengaruhi kinerja otak kamu menjadi kurang maksimal. Jika hal tersebut terjadi maka dampak yang ditimbulkan adalah kamu akan mudah pusing bahkan kamu juga akan sulit menjaga konsentrasi.

3. Pengaruh pada sistem saraf

Jika kamu tidak bergerak seharian saja, maka hal tersebut akan berdampak pada tubuh kamu tepatnya pada bagian-bagian tertentu yang mengalami tekanan yang konstan setiap harinya. Sehingga dampak yang akan terjadi adalah memicu timbulnya keluhan seperti rasa nyeri dan juga kesemutan.

4. Pengaruh pada cairan limpa

Tidak berolahraga atau tidak bergerak juga akan mempengaruhi distribusi cairan limpa pada tubuh kamu. Perlu diketahui bahwa cairan limpa yang di produksi pada suatu kelenjar tanpa saluran atau disebut juga dengan ductless adalah bagian sistem kekebalan tubuh (imun). Maka dampak yang ditimbulkan adalah kamu akan mudah terserang penyakit flu karena sistem kekebalan tubuh kamu menurun.

Itulah beberapa dampak yang akan terjadi jika kamu jarang atau tidak pernah olahraga, sehingga dengan mengetahui pengaruh yang akan terjadi pada tubuh, semoga kamu mulai merubah kebiasaan yang jarang berolahraga menjadi sering olahraga secara teratur demi kesehatan.