Media teknologi informasi seputar komputer, smartphone, game, internet, spesifikasi dan harga, review, travel, bisnis, asuransi, otomotif, tips, tutorial, cara, gaya hidup serta kesehatan.

Senin, 08 April 2019

Manfaat Spooring Dan Balancing Ban Mobil

Manfaat spooring dan balancing ban mobil - Servis mobil adalah suatu rutinistas yang harus diperhatikan secara khusus dan dilakukan secara berkala agar kondisi kendaraan roda empat yang Anda miliki selalu terjaga dengan baik dan performa saat dikendarai selalu maksimal. Perawatan mobil banyak jenis-jenisnya yang diantaranya adalah Tune Up, pergantian Oli dan Filter serta Spooring dan Balancing.

Dari semua jenis-jenis perawatan mobil yang telah disebutkan diatas, spooring dan balancing sangat berpengaruh pada pergerakan putaran roda dan memiliki efek yang sangat terasa sekali pada kendaraan mobil yang telah diservis. Spooring dan balancing mobil merupakan suatu perawatan khusus yang mengutamakan servis pada kaki-kaki mobil atau yang disebut dengan ban mobil.

Ban mobil merupakan salah satu komponen yang ada pada kendaraan yang perannya sangat berpengaruh terhadap bagian-bagian komponen mobil lainnya dan juga sebagai roda penggerak kendaraan. Sehingga apabila ban mobil memiliki kinerja yang kurang baik pada saat berputar, maka hal tersebut akan mempengaruhi performa pergerakan mobil saat berjalan.

Fungsi Spooring Dan Balancing Ban Mobil

Dari hal tersebutlah dibutuhkan perawatan spooring dan balancing pada ban mobil. Untuk mengetahui pengertian spooring dan balancing, apa itu spooring dan apa itu balancing serta kapan harus melakukan spooring dan balancing pada roda ban mobil dapat Anda ketahui uraiannya pada link halaman sebagai berikut dibawah ini.


Fungsi spooring dan balancing ban mobil

Tujuan perawatan spooring pada ban mobil adalah supaya ban mobil habis secara merata dan tidak hanya memakan pada bagian samping, karena apabila posisi posisi ban mobil tidak lurus meskipun berbeda satu derajat saja, maka umur ban mobil berkurang 7% dan itu akan selalu terjadi seterusnya. Oleh karena itu mensetting ban mobil sangatlah penting dalam menjaga ban tetap awet, sehingga dengan menyamaratakan roda kanan dan kiri maka dapat mengurangi dan meminimalisir resiko ban menjadi rusak.

Adapun kegunaan balancing pada roda mobil adalah agar Anda sebagai pengendara mobil dapat mengetahui kondisi ban, velg dan baut yang diseimbangkan dan pastinya balancing mobil juga dapat memberikan peningkatan kenyamanan pada saat anda berkendara dengan mobil kesayangan anda. Balancing sangat erat kaitannya dengan penyeimbangan 4 roda ban mobil, sehingga saat keempat roda berputar maka saling terjaga keseimbangan antara ban satu dengan ban lainnya.

Dengan demikian spooring dan balancing pada roda ban mobil harus Anda perhatikan agar performa mobil anda selalu dalam keadaan prima dan nyaman untuk digunakan. Oleh karena itu jangan pernah malas untuk spooring dan balancing pada ban mobil kesayangan Anda ya.

Artikel terkait : Ciri-Ciri Mobil Harus Spooring Dan Balancing

Itulah manfaat spooring dan balancing ban mobil yang harus anda ketahui, semoga penjelasan diatas dapat menjadi informasi yang bermanfaat dan pastinya memberikan anda pemahaman yang edukatif dalam hal mengenal dan mengetahui kegunaan, tujuan dan fungsi spooring dan balancing ban mobil.