Media teknologi informasi seputar komputer, smartphone, game, internet, spesifikasi dan harga, review, travel, bisnis, asuransi, otomotif, tips, tutorial, cara, gaya hidup serta kesehatan.

Minggu, 07 April 2019

Pengertian Spooring Dan Balancing Mobil Yang Harus Anda Tahu

Apa itu spooring dan balancing mobil ternyata bagi sebagian kalangan masyarakat masih terdengar asing dan bahkan masih ada yang tidak mengerti sama sekali. Istilah spooring dan juga balancing erat kaitannya dengan kegiatan services mobil yang dilakukan secara berkala, karena efeknya sangatlah penting dan terasa pada performa kendaraan.

Spooring dan balancing dapat dikatakan penting untuk diketahui serta sangat wajib untuk diperhatikan pada kendaraan roda empat, hal tersebut karena keduanya memiliki peran yang sangat berguna dalam kestabilan kecepatan kendaraan mobil. Oleh karena itu dengan rutin melakukan spooring dan balancing pada mobil yang anda miliki, maka anda meminimalisir penurunan performa pada kendaraan mobil yang anda miliki khususnya pada roda ban mobil.

Arti spooring dan balancing pada mobil

Spooring adalah suatu proses atau kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan penyedia jasa service kendaraan mobil dengan meluruskan ulang kedudukan empat roda seperti sedia kala atau dengan kata lain kembali mengatur ulang kesetelan pabrik kaki-kaki (ban) mobil yang anda gunakan. Biasanya yang di spooring adalah bagian roda depan pada ban mobil.

Arti Spooring Dan Balancing Mobil

Sedangkan balancing adalah menyeimbangkan kembali keempat roda mobil agar putaran dari keempat roda tersebut menjadi seimbang dan stabil. Balancing pada mobil biasanya dilakukan apabila telah melakukan pergantian velg atau ban mobil dan juga biasanya dilakukan setelah kilometer telah mencapai batas yang telah ditentukan pabrik untuk balancing mobil.

Spooring dan balancing tidak harus dilakukan secara berkala, berbeda halnya dengan tune up. Biasanya jika kita telah mengganti beberapa bagian part mobil misalnya adalah seperti spoiler mobil, ban mobil dan setir mobil, maka pada saat itulah spooring dan juga balancing harus dilakukan pada mobil yang kita gunakan agar menyeimbangkan dan menstabilkan kembali kondisi roda mobil.

Artikel terkait : Ciri-Ciri Mobil Harus Spooring Dan Balancing

Oleh karena itu, spooring dan balancing wajib untuk dilakukan apabila benar-benar dibutuhkan dan anda merasa kurang nyaman saat mengendarai mobil kesayangan. Untuk itu anda tidak boleh malas untuk membawa kendaraan kesayangan Anda ke bengkel mobil terdekat dan merawat secara penuh agar performa saat mengendarainya selalu terjaga dengan kondisi yang baik.

Untuk mengetahui kapan seharusnya melakukan spooring dan balancing pada roda mobil, anda harus tahu terlebih dahulu apa saja ciri-ciri yang nampak dan terasa pada mobil saat digunakan. Terdapat berbagai tanda-tanda atau signal khusus kapan seharusnya anda segera melakukan spooring dan balancing pada roda mobil yang salah satunya adalah permukaan ban yang sudah tidak rata disalah satu atau bahkan kedua ban mobilnya.

Baca juga : Manfaat Spooring Dan Balancing

Itulah pengertian spooring dan balancing mobil yang harus anda ketahui, semoga setelah anda mengetahui apa itu spooring dan balancing bisa menjadi referensi informasi yang edukatif dalam menjaga performa kendaraan mobil yang anda miliki dan pastinya anda lebih tahu dan mengenal lebih dalam tentang service spooring dan balancing ban mobil.