Media teknologi informasi seputar komputer, smartphone, game, internet, spesifikasi dan harga, review, travel, bisnis, asuransi, otomotif, tips, tutorial, cara, gaya hidup serta kesehatan.

Senin, 01 April 2019

Arti Huruf, Angka Nomor Plat Kendaraan (Nomor Seri)

Arti huruf, angka nomor plat kendaraan (nomor seri) - Setiap kali kita berkendara dijalan raya, pastinya selalu melihat nomer plat kendaraan yang berbeda antara kendaraan satu dengan yang lainnya. Tidak hanya pelat nomer kendaraan, namun juga huruf yang ada didepan dan dibelakang pada plat serta angka dibawah plat nomor kendaraan. Apa arti itu semua akan dibahas lengkap pada rumus plat nomor dan mengenal plat nomor kendaraan motor maupun mobil.

Plat nomor kendaraan setiap wilayah mulai dari tingkat provinsi hingga kabupaten atau kota tidaklah sama. Perbedaan itu nampak sekali terlihat pada dua huruf didepan nomor kendaraan dan dua huruf dibelakang nomer kendaraan. Oleh karena itu kita sebagai pengendara setidaknya harus memahami walaupun sedikit mengenai setiap kode yang tertera pada plat kendaraan.

Makna kombinasi huruf dan angka pada plat nomor kendaraan

Kode kombinasi huruf dan angka pada plat nomer kendaraan biasanya terdiri dari dua huruf depan yang diikuti empat angka dan kemudian diikuti lagi dua hingga kode huruf. Pada bagian bawah plat nomor, ada juga tertera dua angka, titik dan dua angka lagi, apa sajakah arti dan makna semua kombinasi huruf tersebut, ketahui pada penjelasan sebagai berikut dibawah ini.

Makna kombinasi huruf dan angka pada plat nomor kendaraan

Arti dua huruf didepan nomer kendaraan

Dua huruf yang ada didepan nomer kendaraan anda adalah suatu kode wilayah tingkat provinsi, dimana setiap provinsi di Indonesia memiliki masing-masing kode yang berbeda, misalkan di Jakarta kode wilayah untuk plat nomer seluruh kendaraan yang ada di Jakarta adalah diawali dengan huruf B, contoh lainnya di Kalimantan Timur kode wilayah untuk plat nomer seluruh kendaraan yang ada di Kaltim adalah diawali dengan huruf KT.

Arti empat angka pada nomer plat kendaraan

Empat angka pada nomer plat kendaraan memiliki arti masing-masing yang dibedakan berdasarkan jenis kendaraannya seperti sepeda motor, mobil penumpang, bus dan kendaraan alat berat. Untuk mengetahui jenis kendaraan berdasarkan empat angka pada plat kendaraan akan diuraikan sebagai berikut dibawah ini :

1. Plat nomor 1-2999 / 8000-8999 (kendaraan dengan jenis berpenumpang seperti mobil).
2. Plat nomor 3000-6999 (kendaraan dengan jenis sepeda motor).
3. Plat nomor 7000-7999 (kendaraan dengan jenis bus).
4. Plat nomor 9000-9999 (jenis kendaraan berat seperti kontainer dan semacamnya).

Arti dua huruf dibelakang nomer kendaraan

Dua huruf yang ada dibelakang nomer kendaraan anda adalah suatu kode wilayah tingkat kabupaten atau kota, dimana setiap kota dan kabupaten pada suatu provinsi memiliki masing-masing kode yang berbeda, misalkan di kota Balikpapan provinsi Kalimantan Timur kode wilayah untuk plat nomer seluruh kendaraan yang ada di Balikpapan adalah diakhiri dengan huruf K, L, A, Y Z (contohnya adalah KK, LU, AQ, YA dan ZZ), contoh lainnya di kota Samarinda kode wilayah untuk plat nomer seluruh kendaraan yang ada di Samarinda adalah diakhiri dengan huruf I, M, B, W dan N (contohnya adalah IO, MM, BA, WC dan NI).

Arti angka di bawah plat nomor kendaraan

Angka yang ada dibawah nomer kendaraan anda adalah suatu kode dimana plat tersebut akan berakhir yang berupa bulan dan tahun. Contoh pada gambar diatas yakni 09 . 20 yang berarti bahwa plat kendaraan akan berakhir pada bulan 09 (September) tahun 2020. Angka 09 tersebut juga bisa diartikan sebagai bulan kewajiban kita sebagai pemilik kendaraan harus membayar pajak surat tanda nomer kendaraan (STNK) setiap tahunnya.

Itulah rumus plat nomor yang bisa dijelaskan, mengenai arti plat nomor cantik adalah pelat nomer yang biasanya terdiri dari satu hingga tiga angka dan mengandung makna nama dan lain sebagainya, misalkan B 4 YU, KT 4 WA, DA 3 NG, B 3 JO dan masih banyak lagi. Dengan demikian setelah anda membaca uraian diatas tentang arti huruf, angka nomor plat kendaraan (nomor seri), anda sudah mulai belajar mengenal plat nomor kendaraan baik motor maupun mobil.