4 Tips Cara Membeli Mobil Bekas

Tips cara aman membeli mobil bekas - Memiliki sebuah mobil terbaru merupakan suatu hal yang banyak diinginkan oleh berbagai kalangan, mulai dari jenis mobil yang bisa digunakan sebagai penunjang usaha hingga jenis mobil sport yang mewah. Akan tetapi tidak semua orang bisa mewujudkan impiannya untuk memiliki mobil terbaru, sehingga mobil bekas pun menjadi pilihan.

Membeli mobil bekas atau mobil second tidaklah sama perlakuannya seperti kita membeli sebuah mobil baru dari dealer resmi, hal tersebut dikarenakan mobil yang ditawarkan harus dilakukan banyak pengecekkan sebelum kita membelinya meskipun mobil tersebut terlihat sangat bagus dan seperti baru, mengapa demikian ?

Hal tersebut dilakukan agar menghindari pembelian mobil second yang banyak memiliki masalah, baik dari sisi elektriknya hingga mesin mobil tersebut. Oleh karena itu bagi Anda yang berencana akan membeli mobil bekas atau mobil second, maka Anda perlu memperhatikan dan memahami bagaimana cara aman membeli mobil bekas yang baik dan benar agar mobil bekas yang didapatkan tidak bermasalah pada saat digunakan.

Cara Aman Membeli Mobil Bekas

Bagaimana cara mendapatkan mobil bekas berkualitas

Terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan dan dipahami untuk memastikan bahwa Anda mendapatkan mobil bekas yang berkualitas dan layak untuk dibeli yang diantaranya adalah sebagai berikut dibawah ini.

1. Pastikan bahwa Anda memeriksa secara menyeluruh kondisi fisik mobil bekas tersebut, termasuk bagian-bagian yang ada didalam maupun diluar mobil bekas itu. Perhatikan setiap bagian komponen mobil bekas itu untuk mencari tanda-tanda kerusakan atau perbaikan yang mungkin perlu dilakukan.

2. Pastikan juga Anda untuk mengecek riwayat perawatan mobil tersebut. Jika memungkinkan, Anda bisa mengecek riwayat perawatan mobil bekas tersebut di dealer resminya atau bisa juga melalui dokumen-dokumen yang disediakan oleh pemilik sebelumnya.

3. Pastikan untuk mengecek kelengkapan dokumen mobil bekas tersebut seperti Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB), Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) serta faktur pembelian. Pastikan bahwa semua dokumen-dokumen tersebut masih valid dan juga lengkap.

4. Cari tahu dahulu harga pasar untuk mobil bekas jenis dan tahun yang sama. Hal ini akan membantu Anda menentukan apakah harga yang ditawarkan oleh penjual wajar atau tidak. Jika masih merasa ragu dengan harga yang ditawarkan oleh penjual mobil bekas itu, Anda bisa berkonsultasi dengan mekanik atau ahli mobil untuk memastikan bahwa mobil yang ingin Anda beli layak dan berkualitas.

Selain beberapa hal yang telah disebutkan sebelumnya, terdapat beberapa hal lainnya yang perlu untuk Anda perhatikan pada saat akan membeli mobil bekas atau mobil second. Apa sajakah itu, simak penjelasannya sebagai berikut dibawah.

1. Pertama-tama, pastikan Anda untuk mencoba mengemudikan mobil bekas tersebut sebelum membeli, hal tersebut akan membantu Anda mengetahui bagaimana kondisi mesin dan juga transmisi dari mobil bekas yang dijual tersebut, apakah ada masalah atau tidak.


2. Jika memungkinkan, sebaiknya Anda membawa mobil bekas tersebut ke bengkel resmi atau bengkel langganan kepercayaan Anda untuk melakukan pemeriksaan kendaraan secara menyeluruh. Hal ini akan membantu Anda dalam mengetahui kondisi mobil secara lebih detail dan memastikan bahwa mobil tersebut layak untuk dibeli.

3. Pastikan bahwa Anda membaca kontrak atau perjanjian jual beli mobil bekas yang dibuat antara Anda dan penjual. Perhatikan bahwa semua hal yang akan disepakati bersama ditulis secara jelas dan detail, baik itu termasuk harga, tanggal pembayaran hingga kondisi mobil bekas tersebut.

Jika ada masalah atau pertanyaan yang ingin anda tanyakan, sebaiknya Anda menyampaikannya kepada penjual mobil bekas tersebut sebelum Anda menandatangani kontrak perjanjian jual beli mobil second, supaya akan membantu Anda menghindari permasalahan yang tidak diinginkan kedepannya.

Apakah ada garansi saat membeli mobil bekas ?

Biasanya secara umum, garansi tidak tersedia untuk pembelian unit mobil bekas. Akan tetapi, terdapat beberapa penjual mobil bekas yang berani memberikan penawaran khusus seperti jaminan atau garansi tertentu untuk mobil bekas yang dijual. Tentunya jaminan atau garansi ini biasanya hanya berlaku untuk masalah tertentu selama jangka waktu yang ditentukan, misalnya adalah seperti garansi mesin selama 6 bulan setelah pembelian.

Apabila kemudian Anda tertarik dengan penawaran jaminan atau garansi tersebut, sebaiknya Anda membaca dengan seksama syarat serta ketentuan yang diberikan oleh penjual mobil bekas tersebut, dan pastikan bahwa Anda meminta dokumen yang menjelaskan jaminan atau garansi tersebut. Jangan ragu untuk terus bertanya kepada penjual mobil bekas tersebut apabila Anda memiliki pertanyaan terkait tentang penawaran jaminan atau garansi yang ditawarkan.

Apabila terdapat kerusakan pada saat sebulan pemakaian padahal saat dicek dengan teliti sebelum dibeli semua normal, apa yang harus dilakukan ?

Jika terdapat kerusakan pada mobil bekas yang baru Anda beli dalam waktu satu bulan setelah pembelian, maka sebaiknya segeralah menghubungi penjual tempat Anda membeli mobil tersebut untuk membicarakan masalah ini. Jika kerusakan tersebut disebabkan oleh kesalahan penjual, maka mereka harus bertanggung jawab atas kerusakan tersebut dan memperbaikinya secara gratis, apalagi kalau ada jaminan garansi.

Akan tetapi apabila kerusakan tersebut disebabkan oleh penggunaan yang tidak tepat atau dengan kata lain bahwa kesalahan dikarenakan Anda sendiri, maka Anda harus menanggung biaya perbaikan sendiri. Oleh karena itu, penting untuk memastikan bahwa menggunakan mobil sudah sesuai dengan petunjuk yang diberikan oleh produsen dan jangan lupa untuk melakukan perawatan secara teratur dan berkala agar dapat meminimalisir kerusakan pada mobil kesayangan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel