Apa Itu RAM, Fungsi Dan Jenis-Jenisnya

Apa itu RAM - Sering kali terdengar berbagai pertanyaan yang terkait dengan komponen yang satu ini, dimana masih banyak yang belum mengetahui sebenarnya apa itu RAM, apa saja fungsinya dan apa saja jenis-jenisnya. Bahkan ada juga yang sering menanyakan apa saja Merek RAM Terbaik atau berapa besaran kapasitas RAM yang ideal pada komputer, laptop maupun pada smartphone.

RAM memang memiliki peranan yang sangat penting pada sebuah perangkat komputer, laptop maupun smartphone. Hal tersebut dikarenakan perangkat keras RAM merupakan salah satu komponen yang sangat menunjang sistem pada suatu perangkat agar dapat berjalan dengan baik dan sempurna.

Sehingga dengan demikian dapat dipastikan bahwa apabila suatu perangkat komputer, laptop maupun smartphone mengalami kendala pada komponen ini, maka sudah jelas sistem yang berjalan pada perangkat tersebut akan mengalami kendala bahkan tidak akan berfungsi, karena RAM sudah menjadi satu kesatuan yang saling memiliki peran masing-masing.

Apa Itu RAM, Fungsi Dan Jenis-Jenisnya
Apa itu RAM

Oleh karena itu, perlunya pemahaman atas pentingnya komponen ini. Hal tersebut supaya kita sebagai pengguna sebuah perangkat, baik itu komputer atau laptop bahkan pada smartphone pun dapat kita ketahui apa fungsi RAM pada perangkat yang digunakan sehari-hari. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang apa itu RAM, jenis-jenis RAM dan fungsi RAM, berikut penjelasannya.

Pengertian RAM

RAM adalah singkatan dari Random Access Memory, yang berarti bahwa RAM adalah suatu wadah atau tempat penyimpanan data pada komputer, laptop ataupun pada smartphone yang sifatnya hanya sementara saja. Komponen ini termasuk kedalam sebuah memori jangka pendek, dimana data-data yang terbaca atau tersimpan sementara hanya untuk kebutuhan prosesor.

Dengan kata lain bahwa berbagai data yang tersimpan sementara tersebut hanya bisa diakses dalam kurun waktu yang tetap dan tertentu, tidak peduli dimana letak data tersebut, apakah ada dalam memori atau acak. Adapun besaran kapasitas RAM sangat penting dalam suatu perangkat, semakin besar semakin bagus.

Fungsi RAM

Setelah mengetahui penjelasan tentang apa itu RAM seperti yang telah dijelaskan diatas, maka sudah jelas bahwa RAM hanya berfungsi membaca dan menyimpan data sementara saat kita menggunakan komputer, laptop maupun pada smartphone atau software tertentu dan hanya bekerja saat perangkat tersebut hidup atau beroperasi.

Untuk memaksimalkan kinerja perangkat pada saat digunakan, pemilihan kapasitas besaran RAM sangatlah penting, terutama bagi Anda yang saat menggunakan perangkat komputer, laptop atau smartphone seringkali menggunakan lebih dari satu software (multitasking), maka lebih besar kapasitas RAM yang digunakan semakin baik.

Jenis-jenis RAM

Terdapat beberapa jenis RAM, diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Dynamic RAM (DRAM)
2. Sychronous Dynamic RAM (SDRAM)
3. Rambus Dynamic RAM (RDRAM)
4. Static RAM (SRAM)
5. Extended Data Output RAM (EDO RAM)
6. Double Rate Random Access Memory (DDR RAM)

Untuk poin nomer enam yakni jenis DDR kemudian terbagi lagi menjadi beberapa series atau generasi, yakni diantaranya adalah RAM DDR1, RAM DDR2, RAM DDR3, RAM DDR4 (yang saat ini banyak digunakan oleh para gamers dan PC enthusiast) serta RAM DDR5 (versi terbaru saat ini). Semakin berkembangnya teknologi, maka komponen ini pun juga mengalami perubahan kecepatan yang semakin cepat dan baik.

Demikian pembahasan mengenai apa itu RAM, apa saja fungsi RAM dan apa saja jenis-jenis RAM. Semoga penjelasan diatas menambah pengetahuan Anda terkait komponen yang ada pada komputer, laptop maupun pada smartphone dan juga uraian diatas dapat menjadi bahan referensi Anda dalam memahami komponen RAM.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel