Cara Mengatasi Wifi Tidak Bisa Terhubung Pada Windows 10

Cara mengatasi wifi tidak bisa terhubung pada windows 10 adalah salah satu solusi yang bisa digunakan didalam mengatasi problem mengenai jaringan wifi yang tidak dapat terkoneksi dengan perangkat laptop atau komputer dengan sistem operasi Windows 10, padahal jaringan lancar, cepat dan baik.

Apabila kedatangan Anda sedang mencari solusi mengenai wifi yang tidak dapat terhubung dan dibawah nama jaringan wifi menampilkan pesan isyarat seperti “Can’t Connect To This Network” pada windows 10, maka cara yang akan dijelaskan dibawah ini bisa menjadi sebuah solusi yang tepat sekali.

Untuk mengetahui faktor penyebab wifi can’t connect to this network dalam hal ini adalah karena aktifnya sistem Bluetooth secara bersamaan dengan sistem Wifi pada perangkat laptop atau komputer yang sedang Anda gunakan. Hal tersebutlah yang menjadi kendala sistem wifi untuk terhubung pada jaringan yang tersedia dan berikut contoh gambar masalah wifi yang dimaksud.

Cara Mengatasi Wifi Tidak Bisa Terhubung Pada Windows 10
Tampilan wifi yang tidak mau terkoneksi padahal kode kunci sudah benar

Bagaimana cara mengatasi can’t connect to this network pada wifi seperti gambar diatas ?

Didalam mengatasi jaringan wifi tidak dapat terkoneksi, salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan menonaktifkan bluetooth yang sedang berjalan (aktif) pada sistem. Jika tidak mengerti bagaimana cara menonaktifkan bluetooth yang sedang aktif pada perangkat laptop dengan sistem operasi windows 10, maka dapat Anda temukan tutorial caranya dengan mengikuti langkah-langkah sebagai berikut ini.

1. Buka menu windows dan kemudian pilih sistem yang ber-icon gear.
2. Kemudian akan tampil windows setting yang terdiri dari berbagai menu pilihan yang diantaranya seperti system, devices, phone, network & internet, personalization, apps, accounts, time & languange, gaming, easy of access, privacy, update & security dan search. Silahkan pilih Devices.
3. Selanjutnya akan tampil lagi berbagai pilihan menu yang tersedia, silahkan pilih Bluetooth & Other Devices.
4. Langkah terakhir adalah tekan menu on-off pada bluetooth. Jika on berwarna biru dan jika off berwarna abu-abu.
5. Silahkan koneksikan kembali jaringan wifi mana yang ingin dihubungkan dengan perangkat yang sedang digunakan.

Selain karena hal diatas, terdapat juga beberapa hal yang dapat menyebabkan WiFi tidak bisa terhubung ke komputer, laptop maupun desktop, diantaranya adalah seperti berikut :

1. Router WiFi atau modem tidak menyala atau rusak.
2. Jaringan WiFi tidak tersedia atau tidak terdeteksi oleh komputer atau laptop.
3. Driver WiFi pada komputer tidak terinstal dengan benar atau rusak.
4. Kata sandi WiFi yang salah atau tidak cocok.
5. Gangguan pada jaringan Internet yang terhubung ke router WiFi.
6. Perangkat lain yang menggunakan jaringan WiFi yang sama mengalami masalah.
7. Masalah pada konfigurasi router WiFi atau pengaturan jaringan.
8. Masalah pada hardware komputer, seperti kartu WiFi yang rusak atau tidak terpasang dengan benar.

Untuk mengatasi masalah WiFi lainnya yang tidak bisa terhubung seperti yang telah disebutkan diatas, Anda dapat mencoba langkah-langkah berikut dibawah ini :

1. Periksa apakah router WiFi menyala dan terhubung ke Internet
Jika router tidak menyala atau tidak terhubung ke Internet, maka Anda perlu memperbaikinya terlebih dahulu sebelum melanjutkan.
2. Periksa apakah komputer terhubung ke jaringan WiFi yang benar
Pastikan memilih nama jaringan yang sesuai dan menggunakan kata sandi yang benar.
3. Periksa apakah driver WiFi pada komputer sudah terinstal dengan benar
Anda dapat mengeceknya dengan membuka Device Manager dan melihat apakah ada tanda tanya atau tanda seru merah pada bagian Network adapters. Jika ada, maka driver WiFi mungkin tidak terpasang dengan benar atau rusak. Anda dapat mencoba menginstal ulang driver tersebut atau mencari driver terbaru dan memasangnya.
4. Periksa apakah ada perangkat lain di rumah yang menggunakan jaringan WiFi yang sama dan mengalami masalah yang sama
Jika ada, maka masalah tersebut mungkin disebabkan oleh router WiFi atau jaringan Internet yang terhubung ke router. Anda dapat mencoba menonaktifkan dan menyalakan kembali router untuk menyelesaikan masalah tersebut.

Kesimpulan
Solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi can’t connect to this network pada wifi windows 10 adalah dengan menonaktifkan bluetooth pada setting sistem seperti yang telah dijelaskan langkah demi langkah diatas dan cara ini sudah kami uji. Demikian pembahasan singkat mengenai cara mengatasi wifi tidak bisa terhubung pada windows 10, semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi bagi Anda dalam mengatasi jaringan wifi can’t connect to this network pada sistem operasi windows 10.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel