4 Faktor Penyebab Tubuh Mudah Lelah Dan Capek

4 Faktor penyebab tubuh mudah lelah dan capek - Mungkin sering kali Anda bertanya pada diri sendiri, kenapa sih badan sering capek, pegel dan bahkan lelah seperti kurang istirahat, padahal waktu tidur sudah sangat cukup dan idealnya telah terpenuhi.

Dalam kehidupan kita sehari-hari, pastinya pertanyaan tersebut sering kali terbesit dalam fikiran dan bisa juga itu terjadi pada orang-orang disekitar kita. Tanpa kita sadari bahwa hal tersebut merupakan suatu respon tubuh terhadap ketidak-seimbangan pola hidup kita dalam menjalani aktifitas sehari-hari.

Oleh karena itu pada topik yang akan kita bahas kali ini, akan memuat berbagai macam faktor-faktor yang dapat menyebabkan tubuh Anda mudah lelah dan juga sering merasa capek, padahal waktu istirahat yang telah dilakukan sudah terbilang cukup.

4-Faktor-Penyebab-Tubuh-Mudah-Lelah-Dan-Capek
Mudah lelah dan capek meski tidur lama

Faktor penyebab tubuh sering capek dan lelah

Tubuh yang mudah lelah dan capek di siang hari, bisa menimbulkan semangat kerja Anda menjadi menurun. Hal tersebut karena tubuh merespon dan memberikan sinyal kepada kita untuk segera istirahat. Adapun ciri-cirinya ditandai dengan sering menguap, mata mulai tidak fokus dan fikiran menjadi tidak stabil.

Untuk meminimalisir terjadinya hal tersebut, perlu untuk Anda ketahui bahwa apa saja yang dapat menyebabkan tubuh mudah lelah dan capek seperti berikut ini.

1. Kurang istirahat

Hal pertama yang paling umum sekali terjadi pada berbagai kalangan masyarakat di negara kita adalah kurangnya istirahat, yang ditandai dengan banyaknya melakukan aktifitas bergadang. Mungkin setiap orang memiliki alasan yang berbeda jika diberikan pertanyaan mengapa ia melakukan hal tersebut.

Namun perlu untuk Anda ketahui bahwa, melakukan aktifitas bergadang sebenarnya tidaklah salah, akan tetapi apabila dilakukan secara rutin akan berdampak buruk pada tubuh dan kesehatan Anda sendiri. Waktu ideal kita untuk istirahat pada malam hari yakni sekitar 6, 7 hingga 8 jam, oleh karena itu jagalah kesehatan tubuh dan pola istirahat yang cukup.

Apabila waktu istirahat sudah cukup, namun tubuh masih sering lelah, lemas, menguap dan mengantuk, maka Anda perlu memperhatikan kualitas tidur apakah kurang nyenyak yang ditandai dengan sering terbangun pada saat tertidur atau adanya kegelisahan saat tertidur.


Fase tidur merupakan hal penting dalam meregenerasi sel pada tubuh, sehingga sangat erat kaitannya dengan pertumbuhan sel baru. Apalagi bagi Anda yang memiliki aktifitas kebanyakan menggunakan fikiran, sangat perlu mendapatkan tidur yang nyenyak. Anda bisa mencoba untuk melakukan olahraga secara teratur guna mendapatkan fase tidur yang nyenyak.

2. Kurang nutrisi

Hal kedua yang biasanya terjadi dan sedikit orang yang tahu adalah tubuh Anda sedang kekurangan nutrisi dan kekurangan gizi. Hal ini biasa terjadi pada mereka yang sedang menjalankan program diet, dimana membatasi jumlah asupan kalori yang masuk pada tubuh.

Padahal kekurangan nutrisi dapat membuat tubuh menjadi tidak seimbang, oleh karena itu yang perlu untuk Anda perhatikan adalah tetap menyeimbangkan antara kebutuhan nutrisi dan gizi yang dibutuhkan oleh tubuh kita. Jika merasa kurang nutrisi, ada beberapa langkah yang dapat Anda ambil untuk memperbaiki keadaan ini :

a. Mulailah dengan mengidentifikasi jenis nutrisi yang kurang
Ini bisa terjadi karena banyak faktor, termasuk makanan yang tidak seimbang, masalah pencernaan atau bahkan kekurangan asupan air.

b. Berikan prioritas pada makanan yang kaya akan nutrisi
Ini termasuk sayuran dan buah-buahan segar, protein hewani atau nabati dan bahan makanan lainnya yang kaya akan vitamin dan mineral penting.

c. Jangan lupa untuk minum cukup air
Air merupakan elemen penting bagi tubuh kita, terutama jika sedang mencoba meningkatkan asupan nutrisi. Pastikan untuk minum cukup air sepanjang hari untuk membantu tubuh menyerap nutrisi dengan baik.

d. Periksakan diri ke dokter
Jika secara terus-menerus merasa kekurangan nutrisi meskipun telah mengambil langkah-langkah di atas, sebaiknya periksakan diri ke dokter. Mungkin ada masalah kesehatan lain yang menyebabkan Anda kurang nutrisi dan dokter akan dapat memberikan saran dan bantuan lebih lanjut.

3. Dehidrasi

Dehidrasi adalah keadaan ketika tubuh kehilangan cairan dan elektrolit secara berlebihan. Cairan dan elektrolit adalah zat yang penting bagi tubuh kita karena membantu menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh, mengontrol tekanan darah, dan membantu mengirimkan sinyal ke otak.

Ada beberapa tanda-tanda dehidrasi, yang dapat meliputi :
1. Rasa haus yang terus-menerus
2. Bau mulut yang kurang segar
3. Keringat yang kurang atau tidak ada sama sekali
4. Kulit yang kering dan kusam
5. Sering merasa lelah atau pusing
6. Mulut yang kering
7. Rasa haus yang tidak terpuaskan meskipun telah minum

Dehidrasi dapat terjadi karena banyak faktor, termasuk kehilangan cairan karena suhu yang tinggi, olahraga yang berlebihan, mual dan muntah, atau bahkan tidak cukup minum air. Oleh karena itu penting untuk mengonsumsi cukup cairan dan elektrolit untuk mencegah dehidrasi.

4. Aktifitas fisik yang terlalu berat

Aktivitas fisik yang terlalu berat adalah aktivitas fisik yang membutuhkan tingkat intensitas yang tinggi dan bisa menyebabkan kelelahan yang cukup parah. Ini bisa termasuk olahraga yang membutuhkan stamina tinggi seperti lari marathon atau kegiatan fisik yang membutuhkan usaha fisik yang berat seperti berkebun atau bekerja di konstruksi.

Aktivitas fisik yang terlalu berat dapat menyebabkan kelelahan dan dehidrasi, sehingga dapat meningkatkan risiko terkena cedera. Jika Anda akan melakukan aktivitas fisik yang terlalu berat, sebaiknya memastikan bahwa Anda telah cukup istirahat dan mempersiapkan tubuh Anda dengan baik, serta membawa cukup cairan dan elektrolit untuk mencegah dehidrasi. Jika Anda merasa tidak sehat atau tidak memiliki stamina yang cukup untuk melakukan aktivitas fisik yang terlalu berat, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel