Media teknologi informasi seputar komputer, smartphone, game, internet, spesifikasi dan harga, review, travel, bisnis, asuransi, otomotif, tips, tutorial, cara, gaya hidup serta kesehatan.

Sabtu, 11 Agustus 2018

Inilah 6 Penyebab Smartphone Cepat Rusak, Hindari Kebiasaan Ini

Penyebab smartphone cepat rusak - Sudah tidak dipungkiri lagi bahwa smartphone saat ini telah menjadi sebuah benda yang tidak bisa lepas dari keseharian kita dan selalu dibawa kemanapun kita berada. Alat teknologi yang satu ini sudah seperti kebutuhan pokok bagi umat manusia dijaman sekarang, hal tersebut karena selain fungsi utamanya sebagai media dalam berkomunikasi, smartphone juga biasa digunakan untuk kegiatan-kegiatan lainnya, misalnya adalah digunakan untuk bermain game online, membaca berita dan majalah-majalah online hingga transaksi online lainnya seperti jual beli online.

Akan tetapi terkadang juga terdapat sebagian orang lupa bahkan tidak memperhatikan kondisi smartphone yang mereka miliki dan hanya sering menggunakannya. Padahal agar smartphone yang kita beli awet untuk digunakan dalam jangka waktu lama, faktor utama yang mempengaruhinya adalah perawatan baik pada software maupun hardware didalam smartphone.

Penyebab Smartphone Cepat Rusak

Faktor penyebab smartphone lemot, hang bahkan cepat rusak

Secara tidak sadar, terdapat 6 hal-hal kecil yang sering kali kita lakukan setiap hari pada smartphone yang kita gunakan dan itu bisa membuat smartphone kita menjadi lambat, eror bahkan mengalami kerusakan, hal apa sajakah itu ?, berikut penjelasannya.

1. Media penyimpanan penuh

Buat kalian yang memiliki smartphone dengan kapasitas internal storage (memory) kecil, disarankan agar menambah media penyimpanan eksternal dengan jenis microSD. Memang dengan penyimpanan yang penuh tidak akan membuat smartphone kamu hancur atau terbakar, akan tetapi hal tersebut dapat membuat performanya akan semakin menurun.

2. Overheat

Jangan biarkan smartphone kamu mengalami overheat atau bersuhu terlalu panas, misalnya dalam penggunaan berlebihan seperti bermain game baik offline maupun online dengan grafis yang tinggi dan kegiatan apapun lainnya dengan durasi pengunaan yang lama dan nonstop. Hal tersebut karena lebih berbahayanya lagi smartphone yang sudah terlalu overheat bisa mengakibatkan kerusakan pada komponen-komponen di dalamnya bahkan dapat meledak.

3. Terkena benda cair

Beberapa smartphone didesain khusus terhadap benda cair, namun sebagian juga tidak didesain seperti itu. Jadi lebih baik hindari kontak langsung dengan benda cair seperti saat bermain di daerah pantai hingga terkena tumpahan makanan dan minuman dimeja makan, karena hal tersebut dapat merusak komponen smartphone.

4. Memasang aplikasi tidak terpercaya

Jika kalian ingin memasang sebuah aplikasi pada smartphone, maka pasanglah aplikasi tersebut langsung dari situs atau toko penyedia aplikasi yang sudah terpercaya, misalnya seperti playstore dan appstore. Hal tersebut karena jika kalian memasang aplikasi dari sumber yang tidak terpercaya, bisa jadi sudah bervirus atau terdapat malware didalamnya dan itu berbahaya bagi data penting kita yang sifatnya rahasia.

5. Aplikasi tidak update

Sebagian orang menganggap bahwa tidak perlu mengupdate aplikasi, karena jika mengupdate aplikasi membuat memori atau penyimpanan pada smartphone menjadi penuh dan lambat. Namun yang perlu kalian ketahui adalah dengan melakukan update aplikasi, maka hal tersebut bertujuan agar dapat memperbaiki kesalahan dan kekurangan (bugs) yang terjadi dari versi terdahulunya sehingga aplikasi tetap bekerja dengan baik.

6. Charger smartphone semalaman

Kebiasaan yang satu ini paling sering kita lakukan, agar setelah bangun tidur smartphone langsung bisa kita gunakan. Sebaiknya tinggalkan kebiasaan ini, karena jika dilakukan secara terus menerus akan berdampak pada umur baterai smartphone kalian dan bahkan bisa saja baterai menjadi bengkak.


Smartphone jaman sekarang memang sudah memiliki teknologi pemutus daya secara otomatis jika sudah full charge, namun alangkah baiknya jangan dilakukan demi menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Itulah 6 penyebab smartphone cepat rusak yang harus kalian hindari agar perangkat smartphone yang kalian miliki awet dan berumur panjang. Menjaga dan merawat alat teknologi tidak hanya dari luar, namun juga harus dibarengi dengan perawatan dari dalam seperti software dan sistem. Oleh karena itu semoga uraian yang telah kita bahas diatas bermanfaat untuk anda dalam mengetahui apa saja faktor penyebab smartphone cepat rusak dan cara sederhana merawat smartphone. (Writer : Ochen)