Media teknologi informasi seputar komputer, smartphone, game, internet, spesifikasi dan harga, review, travel, bisnis, asuransi, otomotif, tips, tutorial, cara, gaya hidup serta kesehatan.

Sabtu, 13 Oktober 2018

Asuransi Kesehatan Di Indonesia : 6 Aspek Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membelinya

Asuransi kesehatan di Indonesia sekarang ini banyak sekali jenisnya dan hal ini perlu Anda perhatikan dengan baik agar Anda tidak salah langkah saat membeli asuransi kesehatan dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Berikut adalah beberapa aspek yang perlu dipikirkan terlebih dahulu pada saat akan membeli asuransi kesehatan yang berkualitas.


Hal-hal yang harus diperhatikan sebelum membeli asuransi kesehatan di Indonesia

Apa saja aspek yang perlu diperhatikan dan difikirkan pada saat membeli produk asuransi kesehatan di Indonesia ?, berikut adalah jawabannya.

Asuransi Kesehatan Di Indonesia : 6 Aspek Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membelinya

Nilai copayment

Ketika Anda ingin membeli asuransi kesehatan yang disediakan oleh beragam lembaga asuransi di Indonesia, pastikan terlebih dahulu nilai pertanggungan copaymentnya. Pastikan nilai pertanggungannya nol Rupiah, sehingga Anda tidak perlu membayar biaya perawatan sepeserpun dan dirawat sampai sembuh.

Jangka waktu pertanggungan

Ketika Anda ingin membeli salah satu jenis asuransi kesehatan di Indonesia, pastikan jangka waktu pertanggungan sakit yang diberikan adalah seumur hidup. Hal tersebut akan membantu Anda mengatasi biaya penyembuhan di rumah sakit yang berupa rawat jalan dan rawat inap yang setiap tahunnya pasti sangat besar, terlebih apabila Anda menderita penyakit yang sangat serius, seperti kanker dan AIDS.

Masa tunggu penyakit

Sekarang ini di Indonesia, ada beberapa jenis asuransi kesehatan yang menerapkan sistem masa tunggu 30 hari setelah pembayaran premi pertama. Namun adapula asuransi yang menerapkan masa tunggu 1 tahun setelah pengaktifan premi pertama untuk mengetahui ada tidaknya penyakit serius yang timbul dalam masa tunggu dan konsekuensinya terhadap pemegang polis asuransi.

Lama masa tunggu ini perlu Anda pahami dan sesuaikan dengan kondisi kesehatan Anda agar apapun kondisi sakit yang dialami dapat langsung dibiayai oleh asuransi.

Jenis penyakit yang dibiayai

Ketika anda berbicara tentang jenis penyakit yang ditanggung asuransi kesehatan di Indonesia, sekarang ini hampir semua jenis penyakit akan ditanggung oleh pihak asuransi pemerintah maupun swasta. Hanya saja untuk asuransi swasta ada beberapa kondisi perjanjian pertanggungan terutama terkait penyakit tertentu yang muncul sebagai dampak dari penyakit lainnya.

Ada kemungkinan penyakit tersebut tidak tertanggung dalam polis, karena disesuaikan dari penyebab penyakit. Itu sebabnya, saat Anda ingin membeli asuransi swasta, pastikan jenis penyakit apa saja yang dibiayai dan model pembiayaannya.

Pertanggungan biaya kamar

Ketika anda ingin mendapatkan manfaat maksimal dari asuransi kesehatan yang dipilih, pastikan dulu pertanggungan maksimal biaya kamar yang diberikan baik untuk perawatan rumah sakit dalam maupun luar negeri. Akan lebih baik jika Anda bisa mengajukan polis dengan biaya kamar yang paling maksimum, sehingga saat Anda benar-benar harus menjalani rawat inap, tidak ada biaya apapun yang tertagihkan pada Anda.


Nilai premi dan masa tenggang

Ketika anda ingin memiliki asurasi kesehatan yang berkualitas, pastikan juga nilai premi dan masa tenggang yang diperbolehkan. Masa tenggang berhubungan dengan kemungkinan denda yang perlu dibayar apabila Anda mengalami keterlambatan pembayaran premi dan konsekuensi polis. Sedangkan nilai premi yang ditetapkan oleh penyedia jasa asuransi kesehatan di Indonesia akan membantu Anda dalam perencanaan keuangan.

Demikian uraian mengenai 6 aspek yang perlu diperhatikan sebelum membeli asuransi kesehatan di Indonesia, semoga bermanfaat untuk anda dan bisa menjadi referensi informasi yang sangat berguna bagi anda dalam mengetahui apa saja yang perlu diperhatikan dan difikirkan sebelum memilih produk asuransi kesehatan.