Media teknologi informasi seputar komputer, smartphone, game, internet, spesifikasi dan harga, review, travel, bisnis, asuransi, otomotif, tips, tutorial, cara, gaya hidup serta kesehatan.

Selasa, 26 Maret 2019

Macam-Macam Asuransi di Indonesia Yang Wajiib Anda Tahu

Macam-macam asuransi di Indonesia pada saat sekarang ini sudah terdapat banyak sekali jenis-jenis produk yang ditawarkan oleh perusahaan penyedia jasa asuransi. Adapun produk asuransi yang banyak atau populer digunakan pada masyarakat secara umum diantaranya adalah asuransi kesehatan, asuransi jiwa, asuransi pendidikan dan asuransi kendaraan.

Jenis-jenis asuransi di Indonesia

Selain macam-macam asuransi di Indonesia yang telah disebutkan diatas yang populer dikalangan seluruh masyarakat, berikut ini ada lagi berbagai macam jenis produk asuransi yang akan memudahkan segala macam urusan keuangan apabila Anda memiliki salah satunya dengan sistem pengelolaan keuangan yang tepat.

Macam-Macam Asuransi di Indonesia

Asuransi property

Ketika Anda ingin melindungi hunian yang dimiliki termasuk semua barang yang ada didalamnya dari beragam resiko seperti kebakaran, bencana alam hingga pencurian, maka salah satu jenis asuransi yang wajib dimiliki adalah asuransi property. Secara umum, asuransi property akan memberikan perlindungan terkait beberapa aspek, mulai dari penggantian barang yang rusak akibat musibah hingga biaya perawatan pemilik rumah apabila pemilik property yang bersangkutan juga menjadi korban dalam musibah yang menimpa tempat tinggal.

Asuransi pendidikan

Jenis asuransi yang berikutnya adalah asuransi pendidikan. Asuransi ini umumnya perlu dipilih dengan baik oleh para orang tua untuk menyediakan biaya pendidikan bagi sang buah hati kelak. Hal tersebut perlu diperhitungkan dengan matang mengingat biaya pendidikan hingga perguruan tinggi saat ini cukup mahal.


Asuransi jiwa

Di Indonesia ada beberapa jenis asuransi jiwa yang menanggung penggantian bagi pemegang polis maupun keluarga pemegang polis. Sebagai contoh saat seorang suami memiliki asuransi untuk dirinya sendiri dan istrinya, sehingga saat keduanya tidak ada didunia, nominal asuransi yang dapat dicairkan akan diberikan kepada ahli waris, seperti anak maupun orang tua. Asuransi jiwa di Indonesia sendiri dapat diklaim oleh pemegang asuransi bahkan saat dirinya masih hidup.


Asuransi kesehatan

Saat ini, ada banyak orang yang menyadari bahwa kesehatan sangat mahal harganya. Meski sekarang ini di Indonesia ada program jkn yang memungkinkan pemegang kartu ber0bat secara gratis, masih ada biaya peng0batan yang kadang tidak tertanggung oleh asuransi kesehatan dari pemerintah. Hal inilah yang akan menjadikan kepemilikan asuransi kesehatan sangat membantu ditengah situasi mendesak.


Asuransi kendaraan

Jika Anda bertanya tentang apa saja macam-macam asuransi di Indonesia, Anda tidak akan melewatkan jenis asuransi kendaraan. Asuransi ini umumnya menanggung penggantian kerusakan kendaraan yang terjadi akibat kecelakaan, bencana alam maupun tindak pidana pencurian. Saat ini di Indonesia ada dua jenis asuransi kendaraan yang disediakan lembaga asuransi, yaitu asuransi TLO dan asuransi all risk. Untuk asuransi TLO, kerusakan yang tertanggung sekitar 75%, sedangkan untuk all risk, kerusakan yang tertanggung adalah 100%.


Asuransi kredit

Ketika Anda mengambil kredit barang atau modal yang digunakan untuk usaha dan melunasinya dengan sistem kredit, ada jenis asuransi yang akan langsung ditambahkan kedalam sistem cicilan dengan tujuan melindungi nasabah kredit dalam mengangsur cicilan maupun perlindungan terhadap kerugian yang muncul selama masa tenor apabila barang yang dikredit hilang serta rusak.

Semoga pengetahuan tentang macam-macam asuransi di Indonesia yang telah dijelaskan dan disebutkan diatas dapat membantu Anda dalam menentukan jenis produk asuransi apa yang ingin dimiliki segera dan lembaga asuransi yang menyediakan asuransi sesuai dengan kebutuhan dan keuangan Anda.