Cara Bayar Tagihan PDAM Kutai Kartanegara Melalui ATM Bank Kaltimtara

Cara bayar tagihan PDAM Kutai Kartanegara melalui ATM Bank Kaltimtara - Anjungan tunai mandiri atau yang disingkat dengan ATM saat ini sudah tidak hanya melayani pengambilan uang ataupun layanan transfer uang melalui mesin ATM saja. Seiring berkembangnya teknologi dan layanan perbankan, saat ini peran ATM juga dapat menerima pembayaran tagihan seperti bayar tagihan listrik dan air bulanan bahkan hingga pembelian tiket pesawat.

Dengan hadirnya berbagai menu pilihan layanan perbankan yang disediakan oleh ATM termasuk pembayaran tagihan bulanan seperti tagihan listrik dan air, hal tersebut menjadi suatu kemudahan bagi nasabah didalam melakukan pembayaran tagihan bulanan yang harus dibayarkan. Tidak hanya efisien terhadap waktu, namun juga sangat efektif sekali dalam menghemat tenaga, karena cukup satu tempat untuk bisa melakukan banyak hal hanya dengan kartu ATM yang kita miliki.

Khusus bagi Anda yang berdomisili di wilayah Kutai Kartanegara (Tenggarong) yang ingin melakukan pembayaran tagihan PDAM Tirta Mahakam, kini sudah bisa melalui berbagai metode pembayaran, salah satunya adalah melalui ATM Bank kaltimtara dengan hanya beberapa langkah saja. Untuk mengetahui bagaimana tata cara dan langkah-langkahnya dapat Anda temukan jawabannya sebagai berikut dibawah ini.

Cara Bayar Tagihan PDAM Kutai Kartanegara Melalui ATM Bank Kaltimtara
Cara Bayar Tagihan PDAM Kukar

Tata cara dan langkah-langkah pembayaran rekening air lewat ATM Bankaltimtara

Dibawah ini akan kami jelaskan bagaimana tahapan cara melakukan pembayaran tagihan PDAM Tirta Mahakam Kutai Kartanegara melalui media ATM Bankaltimtara, bagi Anda yang belum mengetahui dapat mengikuti cara seperti berikut diantaranya adalah :

1. Masukkan kartu ATM dan login seperti biasa
Langkah pertama yang harus dilakukan adalah silahkan masukkan kartu ATM Anda kedalam mesin ATM, kemudian login seperti biasa. Pada tampilan awal layar, silahkan Anda memilih “Pembayaran Lainnya” dan kemudian pilih “Berlangganan”.

2. Pilih PDAM
Langkah kedua setelah Anda memilih berlangganan, maka pada layar akan muncul menu pilihan baru. Pada tahap ini yang harus anda lakukan adalah pilih jenis transaksi pembayaran “PDAM”.

3. Masukan kode wilayah dan nomer sambungan rumah
Langkah ketiga setelah Anda memilih PDAM, maka pada layar selanjutnya Anda diminta untuk memasukkan kode wilayah lengkap dengan nomer sambungan rumah. Disini yang harus Anda masukkan adalah 004 (kode ini khusus wilayah Kutai Kartanegara) yang dilanjutkan dengan nomor sambungan rumah yang ingin Anda bayar.

4. Konfirmasi pembayaran
Langkah terakhir setelah anda memasukkan kode 004 beserta nomor sambungan rumah yakni konfirmasi pembayaran. Pada tahap ini Anda harus benar-benar memastikan bahwa data yang tampil pada layar konfirmasi pembayaran tagihan air sudah sesuai dengan data nama rekening PDAM yang akan Anda bayarkan. Apabila data yang ditampilkan tersebut sudah benar dan sesuai dengan nama pemilik sambungan rumah, selanjutnya Anda pilih “Benar” dan diakhiri dengan memilih jenis tabungan yakni “Tabungan”.

Jika langkah-langkah cara bayar tagihan PDAM Kutai Kartanegara melalui ATM Bank Kaltimtara seperti yang telah dijelaskan diatas benar dan sesuai prosedur, maka resi akan keluar sebagai tanda pembayaran tagihan PDAM berhasil. Selain melalui ATM Bankaltimtara, Anda juga bisa melakukan pembayaran tagihan PDAM melalui beberapa mitra PDAM Tirta mahakam yang diantaranya adalah seperti :

1. PT Pos Indonesia.
2. BPD Kaltim.
3. BRI Cabang Tenggarong.
4. Bank Tabungan Negara (BTN).

Sebagai catatan yang harus untuk anda ketahui adalah mengenai pembayaran tagihan PDAM diatas 2 bulan (menunggak selama dua bulan) tidak dapat dilakukan di ATM Bankaltimtara maupun mitra PDAM Tirta mahakam seperti yang telah disebutkan diatas. Anda harus ke kantor atau loket PDAM cabang bersangkutan didaerah sekitar.


Sebagai tanda anda telah melakukan pembayaran tagihan PDAM, silakan simpan resi tersebut sebagai bukti pembayaran Anda apabila di suatu hari nanti dibutuhkan. Itulah yang dapat disampaikan mengenai tata cara pembayaran rekening air PDAM melalui ATM Bankaltimtara, semoga apa yang telah dijelaskan di atas dapat menjadi referensi pengetahuan baru bagi Anda yang ingin melakukan pembayaran tagihan PDAM Kutai Kartanegara melalui ATM.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel