2 Jenis Asuransi Kendaraan Mobil Terbaik Lengkap Dengan Kelebihan Dan Kekurangannya

2 Jenis asuransi kendaraan mobil terbaik - Memiliki sebuah kendaraan, terutama mobil merupakan suatu hal yang sangat di inginkan oleh kebanyakan orang agar dalam menjalankan segala aktifitas diluar rumah menjadi lebih nyaman. Apalagi bagi mereka yang memang sering bertugas atau menjalankan pekerjaan dengan menggunakan kendaraan pribadi, pastinya mengetahui berbagai manfaat memiliki kendaraan dalam segala aktifitas usahanya.

Banyaknya berbagai aktifitas diluar rumah yang dibarengi dengan penggunaan kendaraan mobil, tentunya juga harus memperhatikan keselamatan dan keamanan baik dari diri sendiri maupun kendaraan mobil yang digunakan. Hal tersebut karena berbagai resiko keselamatan dan keamanan saat berkendara dengan mobil bisa saja terjadi kapan dan dimana saja, sehingga hal ini benar-benar harus diperhatikan.

Oleh karena itu memiliki asuransi perlu untuk Anda pertimbangkan dalam upaya memproteksi diri dari berbagai resiko, yang mana peran asuransi tidak hanya sebagai perlindungan untuk diri Anda sendiri, namun juga dapat memberikan perlindungan terhadap kendaraan yang Anda gunakan sesuai dengan jenis asuransi yang dimiliki. Adapun jenis asuransi yang memberikan proteksi terhadap kendaraan disebut dengan asuransi kendaraan.

Didalam produk asuransi kendaraan juga terdapat 2 pilihan jenis asuransi yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan, yang diantaranya adalah asuransi total lost only yang disingkat dengan TLO dan juga asuransi all risk (comprehensive). Kedua jenis asuransi kendaraan tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, sehingga sebelum memilih dan menentukan asuransi kendaraan yang tepat, pelajari terlebih dahulu terhadap produk asuransi itu sendiri.

2 Jenis Asuransi Kendaraan Mobil Terbaik Lengkap Dengan Kelebihan Dan Kekurangannya
2 Jenis Asuransi Kendaraan Mobil

Jenis-jenis asuransi kendaraan

Terdapat dua jenis asuransi kendaraan yang bisa Anda pilih yakni asuransi total lost only (TLO) dan asuransi all risk (comprehensive). Namun sebelum memilih, alangkah lebih baik ketahui terlebih dahulu mengenai pengertian kedua jenis asuransi kendaraan tersebut dan lakukan perbandingan dengan melihat kelebihan dan kekurangannya masing-masing yang diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Apa itu asuransi Total Lost Only (TLO)

Asuransi total lost only atau yang disingkat TLO adalah salah satu pilihan jenis asuransi kendaraan yang memberikan jaminan klaim asuransi jika terjadi suatu hal seperti kehilangan seluruhnya atau kehilangan total pada kendaraan. Kehilangan total yang dimaksud adalah kerusakan yang terjadi pada mobil diatas 75% atau hingga kehilangan mobil yang dikarenakan suatu hal.

Kelebihan dan kekurangan

Adapun kelebihan asuransi total lost only (TLO) adalah biaya premi yang lebih rendah (kecil) dari pada premi asuransi all risk, sedangkan kekurangan dari asuransi total lost only (TLO) adalah jika kerusakan yang terjadi pada mobil dibawah 75%, maka Anda tidak dapat klaim asuransi atau dengan kata lain tidak akan mendapatkan ganti rugi oleh kerusakan yang terjadi sesuai dengan syarat dan ketentuan.

2. Apa itu asuransi All Risk (Comprehensive)

Asuransi all risk (comprehensive) adalah salah satu pilihan jenis asuransi kendaraan yang memberikan jaminan klaim asuransi secara menyeluruh terhadap segala resiko yang terjadi pada kendaraan. Comprehensive yang berarti keseluruhan memiliki arti bahwa asuransi kendaraan jenis ini akan membayar klaim Anda untuk semua jenis kerusakan, apakah kerusakan ringan, sedang, berat bahkan kehilangan.


Kelebihan dan kekurangan

Adapun kelebihan asuransi all risk (comprehensive) adalah pada semua jenis kerusakan yang terjadi pada kendaraan Anda, dapat di klaim asuransinya tanpa ada perbedaaan kerusakaan, sehingga walau hanya lecet sedikit terjadi pada mobil tetap saja asuransi akan membayarkan, sedangkan kekurangan dari asuransi all risk adalah biaya premi yang lebih tinggi (besar) dari pada premi asuransi total lost only.

Itulah 2 jenis asuransi kendaraan mobil terbaik lengkap dengan kelebihan dan kekurangannya. Semoga apa yang telah dijelaskan diatas mengenai macam-macam dan jenis-jenis asuransi kendaraan dapat menjadi pengetahuan baru bagi Anda dan bisa menjadi referensi informasi yang edukatif dalam mengetahui dan menentukan pilihan asuransi yang tepat untuk mobil kesayangan Anda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel