15 Manfaat Sering Jalan Kaki Bagi Kesehatan Yang Harus Anda Tahu

15 Manfaat sering jalan kaki - Didalam menjaga dan merawat kesehatan tubuh setiap hari agar terus selalu sehat, jalan kaki adalah salah suatu kegiatan fisik yang sangat disarankan dan perlu untuk diterapkan, terutama disaat pagi hari. Hal tersebut karena pada saat dan waktu tersebutlah udara masih segar, tidak ada polusi, tidak panas dan juga jalanan tidak macet.

Namun sayangnya kegiatan tersebut masih saja banyak yang tidak menyadarinya dengan berbagai alasan. Sebagian besar masyarakat masih banyak yang jarang melakukan kegiatan yang menyehatkan tubuh tersebut, misalnya saja dengan berbagai alasan seperti karena susah untuk bangun pagi, malas dan berbagai alasan lainnya.

Berdasarkan dari hasil sebuah penelitian yang menyebutkan bahwa olahraga jalan kaki dapat memberikan banyak manfaat dan juga berbagai khasiat untuk kesehatan. Selama olahraga berjalan kaki ini dilakukan setidaknya 20 hingga 25 mil dalam kurun waktu 1 minggu, mereka yang melakukan olahraga jalan kaki ini cenderung memiliki usia yang lebih lama jika dibandingkan dengan mereka yang jarang berjalan kaki.

15 Manfaat Sering Jalan Kaki Bagi Kesehatan
15 Manfaat Jalan Kaki Bagi Kesehatan

Dampak sering olahraga jalan kaki bagi kesehatan

Dibawah ini terdapat beberapa manfaat dan juga khasiat yang sangat baik sekali untuk kesehatan jika sering olah raga jalan kaki di pagi hari setiap hari maupun olahraga jalan kaki untuk diet yang diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Mencegah tulang keropos (osteoporosis)

Dengan sering olahraga jalan kaki, hal tersebut merupakan sebuah langkah awal untuk tetap menjaga kesehatan tulang Anda. Melakukan gerakan pada kaki setidaknya seribu langkah setiap harinya dan dibarengi dengan tubuh terkena sinar matahari selama 15 menit, jika rutin Anda lakukan maka resiko osteoporosis sangat kecil terjadi pada tulang Anda.

2. Menguatkan otot

Jika setiap hari Anda sering melakukan olahraga jalan kaki atau bahkan hanya sering berjalan kaki saja, hal tersebut dapat membuat badan beserta otot-otot pada tubuh bergerak aktif. Misalkan saja contohnya adalah seperti dapat memperkuat otot-otot pada bagian paha dan kaki.

3. Menurunkan berat badan

Memiliki berat badan yang berlebih merupakan suatu hal yang dapat meningkatkan resiko terkena penyakit dan selain itu juga membuat penampilan menjadi sedikit kurang menarik. Oleh karena itu apabila Anda sering melakukan olahraga jalan kaki pada pagi hari maupun sore hari, maka hal tersebut dapat menghambat dan mencegah permasalahan berat badan yang berlebih.

4. Menjaga kesehatan jantung

Dengan sering membiasakan diri setiap pagi hari melakukan aktivitas olahraga jalan kaki, maka hal tersebut memiliki dampak yang sangat baik pada kesehatan jantung Anda. Hal tersebut karena kebiasaan berolah raga jalan kaki di waktu pagi hari dapat mencegah dan meminimalisir resiko serangan jantung, sehingga olahraga jalan kaki ini sangat baik untuk kesehatan jantung Anda.

5. Menyehatkan paru-paru

Apabila anda sering berjalan kaki dengan irama yang tergolong cepat, hal tersebut baik untuk kesehatan pada fungsi organ paru-par, apalagi jika sering Anda lakukan pada tiap pagi hari dimana udara yang masih segar dan sejuk serta masih bebas dari polusi udara.

6. Mencegah diabetes

Berolahraga jalan kaki mampu menjaga kadar gula yang ada pada tubuh, sehingga dengan demikian secara tidak langsung hal tersebut dapat mencegah resiko terkena penyakit diabetes. Berdasarkan hasil penelitian dari National Institute of Diabetes and Gigesive and Kidney Diseases, disebutkan bahwa berjalan kaki dengan kecepatan 6 km/ jam dan dilakukan selama 50 menit saja bisa menekan resiko penyakit diabetes.

7. Mengontrol kadar gula

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh American Medical Association yang menyebutkan hasil penelitiannya bahwa sering melakukan latihan jalan kaki setiap pagi hasilnya akan meningkatkan kemungkinan untuk menjaga kestabilan kadar gula dalam tubuh.

8. Menurunkan kolesterol

Bila rutinitas yang sering Anda lakukan dipagi hari adalah olahraga berjalan kaki, maka hal tersebut dapat menurunkan kolesterol pada tubuh. Sehingga jenis kolesterol yang baik akan berfungsi sebagai penyerap jenis kolesterol yang buruk untuk kesehatan.

9. Mencegah stroke

Dalam hasil penelitian yang terbaru disebutkan bahwa memiliki kebiasaan berjalan kaki yang dilakukan setidaknya 20 jam dalam 1 minggu bisa menurunkan resiko penyakit stroke sebanyak 2-3 kali. Dengan demikian wajar saja jika orang-orang pada jaman dahulu jarang ada yang memiliki penyakit stroke, karena di masa tersebut sebagian besar masyarakat memiliki kebiasaan berjalan kaki ketika bepergian kemana-mana.

10. Menjaga kebugaran dan sistem kekebalan tubuh

Memiliki kebiasaan berjalan kaki yang dilakukan setidaknya 3 kali dalam 1 minggu bisa meningkatkan kebugaran tubuh dan menjaga sistem pernapasan yang pada akhirnya bisa menjaga daya tahan tubuh terhadap penyakit.

11. Menjaga kualitas tidur yang baik

Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh Fred Hutchison Cancer Research Center di Seattle, hasil penelitian tersebut menyebutkan bahwa olahraga yang dilakukan pada pagi hari seperti berjalan kaki dapat meningkatkan kemungkinan untuk tidur nyenyak pada malam hari.


12. Mencegah pikun

Seseorang yang sudah memasuki usia lanjut di atas 65 tahun memiliki kecenderungan yang tinggi untuk mudah mengalami pikun. Kebiasaan berjalan kaki yang dilakukan setiap pagi bisa mengurangi resiko pikun sebesar 40% dan bahkan bisa menjaga fungsi otak.

13. Seperti melakukan meditasi

Berjalan kaki yang dilakukan di pagi hari bisa memberikan manfaat yang setara dengan yoga dimana angin segar yang mengenai tubuh akan mengeluarkan energi positif dan bisa menghilangkan masalah yang berhubungan dengan mental, misalnya depresi.

14. Meningkatkan metabolisme tubuh

Seseorang yang sudah terbiasa dengan rutinitas berjalan kaki setiap pagi hari cenderung memiliki peningkatan terhadap metabolisme meskipun dirinya tidak bergerak.

15. Menghindari jerawat

Kebiasaan berjalan kaki bisa menjaga kesehatan kulit bahkan meningkatkan kualitas kulit, sehingga hal ini akan ikut mencegah munculnya jerawat pada wajah. Sering berjalan kaki di pagi hari bisa membuat kulit anda bernapas lebih baik karena kualitas oksigen di saat tersebut sangat baik dan bisa membantu melembabkan kulit.

Ketika tubuh anda mengeluarkan keringat atau pada saat anda sedang berjalan kaki, maka pori-pori kulit akan menjadi terbuka dan hasilnya dalam beberapa hari kemudian akan menjadikan kulit anda menjadi lebih sehat dari sebelumnya.


Dengan demikian berjalan kaki bukan hanya suatu kegiatan interaksi serta aktivitas yang bisa mengantarkan Anda ke suatu tempat tujuan, namun juga bisa membantu menjaga kesehatan. Semoga uraian manfaat sering jalan kaki bagi kesehatan ini memberikan manfaat serta pengetahuan baru untuk kita semua dalam menjaga kesehatan tubuh setiap harinya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel