Media teknologi informasi seputar komputer, smartphone, game, internet, spesifikasi dan harga, review, travel, bisnis, asuransi, otomotif, tips, tutorial, cara, gaya hidup serta kesehatan.

Kamis, 31 Mei 2018

Inilah Menu Makanan Saat Berbuka Puasa Yang Baik Untuk Dikonsumsi

Menu makanan saat berbuka puasa yang baik untuk dikonsumsi - Sebagai umat muslim pastinya sangat berbahagia menyambut Bulan Suci Ramadhan yaitu bulan yang sangat penuh berkah. Seluruh umat muslim diwajibkan berpuasa selama satu bulan penuh sebagai bentuk ibadah kepada sang Pencipta dengan menahan segala godaan, salah satunya adalah menahan agar tidak makan dan minum disiang hari.

Sebelum memulai aktifitas puasa disiang hari, kita akan melakukan sahur sebelum waktu sholat subuh atau waktu imsyak tiba, kemudian kita menjalankan ibadah puasa hingga matahari terbenam atau menuju waktu masuknya ibadah sholat magrib. Selama hampir 14 jam kita berpuasa, tentunya cairan serta asupan energi pada tubuh pastilah berkurang, maka dari itu berikut ini merupakan beberapa jenis makanan yang baik dikonsumsi saat berbuka puasa.

Menu Makanan Saat Berbuka Puasa Yang Baik Untuk Dikonsumsi

Makanan yang baik dikonsumsi saat berbuka puasa

Apa saja jenis makanan yang baik untuk dikonsumsi saat waktunya buka puasa tiba ?, simak uraiannya sebagai berikut dibawah ini.

Kurma

Makanan yang satu ini sangat disarankan masuk dalam daftar menu berbuka puasa kita sesuai anjuran Rasullulah SAW, kandungan gula alaminya mampu mengembalikan energi kita selama berpuasa. Selain itu juga kurma mengandung fruktosa dan sukrosa dengan kandungan kalori yang rendah.

Air mineral

Saat berpuasa, tubuh mengalami dehidrasi karena kekurangan cairan yang menyebabkan sulitnya berkonsentrasi, kelelahan dan sakit kepala. Maka dari itu minumlah air mineral terlebih dahulu agar cairan yang ada pada tubuh kembali normal.


Aneka buah segar

Kandungan air dalam buah-buahan segar bisa mengatasi masalah dehidrasi serta kandungan serat yang mudah dicerna oleh usus, contoh saja seperti buah semangka, anggur, pisang dan papaya.

Sayur-sayuran

Sama halnya dengan buah-buahan, sayur juga mudah dicerna oleh usus karena didalamnya kaya akan serat. Selain itu juga banyak mengandung protein, vitamin dan zat besi yang sangat baik bagi tubuh manusia. Saat berpuasa ukuran lambung kita mengecil serta enzim pencernaan berkurang dan itulah mengapa kita dianjurkan menkomsumsi makanan yang banyak mengandung serat serta mudah dicerna usus.

Telur

Kandungan protein dalam telur sangat dianjurkan saat berbuka puasa, selain mudah dalam penyajiannya juga mudah untuk dicerna oleh usus. Dalam sebutir telur terkandung 9 asam amino dan 6 gram protein, maka dari itu bisa menjadi salah satu pilihan untuk menu berbuka anda.

Ikan

Kandungan pada ikan ialah omega 3, antioksidan, vitamin D, vitamin B2 serta sejumlah mineral lainnya. Biasanya disajikan sebagai pendamping nasi saat makan berat setelah berbuka puasa.

Madu

Menu yang satu ini bisa jadi salah satu pilihan berbuka puasa anda, karena mengandung antioksidan, vitamin, kalium, kalsium, zat besi, magnesium, sulfur dan mangan. Energi yang hilang setelah beraktivitas dapat kembali, karena kandungan glukosa dan fruktosa alaminya sangat mudah diserap oleh tubuh manusia. Selain itu juga madu bisa mengembalikan metabolisme dan masalah gangguan pencernaan.

Itulah beberapa menu makanan saat berbuka puasa yang baik untuk dikonsumsi yang dapat saya sampaikan, semoga pembahasan mengenai makanan yang baik dikonsumsi saat berbuka puasa bisa menjadi informasi yang bermanfaat bagi kalian dalam memilih menu buka puasa. (Writer : Ochen)